INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Rabu, 30 Oktober 2013

Sayyid Quthb Di Mata Ulama Salafi



Pada malam kamis, kami mendapatkan SMS dari beberapa ikhwah bahwa di TV ONE ada dialog antara Al Ustadz Ja’far Umar Thalib – saddadallahu khuthahu- dengan redaksi TV ONE, bertemakan Terorisme di Indonesia. Dalam dialog itu, ada pernyataan Al Ustadz Ja’far Umar Thalib – saddadallahu khuthahu- yang perlu disorot dan terkesan berbau fitnah, khususnya terhadap Syahidul Islam Sayyid Quthb Rahimahullah.

Saat itu, Al Ustadz Ja’far Umar Thalib –hadaanallah wa iyyah- menyebutkan bahwa Sayyid Quthb adalah biang keladi semua bentuk terorisme saat ini, khususnya melalui pengaruh bukunya yang berjudul Ma’alim Fith Thariq (Petunjuk Jalan), yang memang sudah lama beredar di Indonesia. 

Pertamakali diterjemahkan –sejauh yang kami ketahui- oleh penerbit Media Dakwah yang dimiliki oleh Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII). 

Menurutnya, garis perjuangan Sayyid Quthb adalah menghancurkan semua negara-negara yang ada, kemudian mendirikan Negara Islam. Kita tidak mengetahui apa motivasi Al Ustadz Ja’far berbicara seperti itu, apakah dia hendak mengalihkan perhatian intelijen yang memang belakangan sangat curiga dengan pemahaman wahabi yang vulgar ditampilkan oleh kelompoknya ini, sehingga bebaslah ia, dan berkata: “Kami bukan teroris, mereka itulah yang teroris.” Kesan cuci tangan sangat kuat dalam dialog tersebut.

Biarlah Al Ustadz Ja’far dengan gaya lamanya seperti itu, yang jelas Allah Ta’ala berfirman:

كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ إِنْ يَقُولُونَ إِلا كَذِبًا

“ Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.” (QS. Al Kahfi (18): 5)

* * * * *
Sekarang, kita lihat bagaimana pandangan para ulama berorientas Salafi, khususnya di Saudi Arabia terhadap Sayyid Quthb dan karya-karyanya. Kita dapatkan bahwa mereka bersikap tidak seperti Al Ustadz Ja’far yang penuh fitnah dan kebohongan. Mereka menilai dengan sangat objektif dan tidak childist sebagaimana kaum ar ruwaibidhah saat ini.

1. Sayyid Quthb Di Mata Syaikh Abdullah bin Hasan Al Qu’ud Hafizhahullah

Tentang kitab Sayyid Quthb, Ma’alim fith Thariq (Petunjuk Jalan), berkatalah Syaikh Abdullah bin Hasan Al Qu’ud –anggota Hai’ah Kibaril Ulama kerajaan Saudi Arabia- dalam kitabnya, Majmu’ Ar Rasail wa Maqalat, beliau menasihati Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali yang berkali-kali mencela Syaikh Sayyid Quthb:

نقل لي غير واحد قولك في اجتماع أخيار نحسبهم كذلك قولك في كتاب: "معالم في الطريق": هذا كتاب ملعون. 
سبحان الله!! كتاب أخذ صاحبه ثمنه قتلاً نحسبه في سبيل الله بدافع من الروس الشيوعيين لجمال كما يعرف ذلك المعاصرون للقضية، وقامت بتوزيع هذا الكتاب جهات عديدة في المملكة، وخلال سنوات عديدة، وأهل هذه الجهات أهل علم ودعوة إلى الله، وكثير منهم مشايخ لمشايخك، وما سمعنا حوله منهم ما يستوجب ما قلت، لكنك – والله أعلم- لم تمعن النظر فيه قبل أن تغضب، وخاصة الموضوعات: جيل قرآني فريد، الجهاد، لا إله إلا الله منهج حياة، جنسية المسلم عقيدته، استعلاء الإيمان، هذا هو الطريق.. وغيرها مما تلتقي معانيه في الجملة مع ما تدين الله به، فكيف بك إذا وقفت بين يدي الله وحاجك هذا الشخص الذي وصفته الإذاعة السعودية خلال سنوات متوالية بشهيد الإسلام

“Telah berkata kepadaku lebih dari satu orang tentang ucapanmu dalam sebuah perkumpulan baik-baik – saya berharap memang demikian-, ucapanmu bahwa kitab Ma’alim fith Thariq adalah kitab terlaknat. Subhanallah! Kitab yang telah dibayar mahal oleh penulisnya dengan mati di jalan Allah karena menentang penguasa komunis Mesir Jamal Abdun Nashir, sebagaimana diketahui oleh orang-orang pada masa itu. Padahal buku tersebut telah disebarkan oleh banyak pihak dikerajaan Saudi sejak bertahun-tahun lamanya, dan mereka adalah para ahli ilmu dan para da’i ilallah, dan banyak di antara mereka adalah syaikh dari syaikh-syaikhmu sendiri. Dan tidak satu pun di antara mereka mengatakan seperti yang engkau katakan. Tetapi engkau ini – wallahu a’lam- tidak mau memahami lebih mendalam apa yang engkau bicarakan sebelum marah, khususnya pada tema-tema kitab itu seperti: Jil Qur’ani farid (Generasi Qurani Yang Istimewa), Al Jihad, Laa Ilaha Illallah Manhajul Hayah (Laa Ilaaha Illallah sebagai Konsep Hidup), Jinsiyyatul Muslim wa ‘Aqidatuhu (Identitas seorang Muslim dan Aqidahnya), Isti’la Al Iman (Ketinggian Iman), Hadza Huwa Thariq (Inilah Jalan Itu) ... dan tema lain, dimana secara global adalah bermakna nilai keberagamaanmu kepada Allah. Bagaimana denganmu nanti jika di hadapan Allah, jika orang ini mendebatmu? Padahal orang ini telah bertahun-tahun lamanya oleh media massa Saudi sebagai syahidul Islam?” (sumber: http://www.islamgold.com/view.php?gid=7&rid=156)

2. Sayyid Quthb Di Mata Mufti Saudi Arabia, Syaikh Abdul Aziz Alu Asy Syaikh Hafizhahullah

Komentar Syaikh Abdul Aziz Alu Asy Syaikh tentang Fi Zhilalil Quran dan Sayyid Quthb:

فتوى سماحة الشيخ عبدالعزيز آل الشيخ مفتي المملكة العربية السعودية عن سيد قطب رحمه الله وكتابه في ظلال القرآن .. تاريخ الفتوى 2-8-2005السائل: أحسن الله إليكم يقول سماحة الشيخ مالفرق بين أحدية الوجود في تفسير الظلال وفكرة وحدة الوجود الضالة ؟
المفتي : كيف ؟ كيف ؟ مالفرق بين ؟
السائل : مالفرق بين أحدية الوجود في تفسير الظلال وفكرة وحدة الوجود الضالة ؟
المفتي : يا إخواني تفسير سيد قطب في ظلال القرآن هو كتاب ليس تفسير لكنه قال تحت ظلال القرآن يعني كأنه يقول للمسلمين هذا القرآن نظام الأمة تعيش في ظلاله و استقوا من آدابه و انهلوا من معينه الصافي وأقبلوا بقلوبكم على القرآن لتجدوا فيه علاج لمشاكلكم و حل قضاياكم وتفريج همومكم إلى آخره
والكتاب له أسلوب عال في السياق أسلوب عال ، هذا الأسلوب الذي كتب به السيد كتابه قد يظن بعض الناس بادئ بدء من بعض العبارات أن فيها شركا أو أن فيها قدحا في الأنبياء أو أن وأن .. ، ولو أعاد النظر في العبارة لوجدها أسلوبا أدبيا راقيا عاليا لكن لا يفهم هذا الأسلوب إلا من تمرس في قراءة كتابه ، والكتاب [كلمة غير واضحة] لايخلو من ملاحظات كغيره لا يخلو من ملاحظات و لا يخلو من أخطاء لكن في الجملة أن الكاتب كتبه منطلق غيرة وحمية للإسلام ، والرجل هو صاحب تربية وعلوم ثقافية عامة وماحصل منه من هذا التفسير يعتبر شيئا كثير [الجملةالسابقة غير واضحة] فيؤخذ منه بعض المقاطع النافعة والمواقف الجيدة والأشياء التي أخطأ فيها يعلى [غير واضحة] عذره قلة العلم وأنه ليس من أهل التفسير لكنه صاحب ثقافة عامة وعباراته أحيانا يفهم منها البعض خطأ لأن أسلوبه فوق أسلوب من يقرأه ، فلو أعاد النظر مرارا لم يجد هذه الاحتمالات الموجود وإنما هو أسلوب من الأساليب العالية التي يتقاصر عنه فهم بعض الناس فربما أساء الظن ، والمسلم لا ينبغي [كلمة غير واضحة] على وجود المعايب ، فليأخذ الحق ممن جاء به ، ويعلم أن البشر جميعا محل التقصير والخطأ ، [كلمة غير واضحة] والعصمة لكتاب الله و لقول محمد صلى الله عليه وسلم ، ماسوى الكتاب والسنة فالخطأ محتمل فيه لاسيما من إنسان عاش في مجتمعات لها مالها وسافر للغرب سنين وإلى آخره ، لكن كفانا منه ماوجد في هذا السفر من بعض المقاطع والكلمات النافعة التي لو قرأها الإنسان مرارا لرأى فيها خيرا كثير .المحاضرة كاملة من موقع الدعوة الخيرية - كتاب التوحيد-الدرس السادس

“Wahai saudara-saudaraku, tafsir Sayyid Quthb – Fi Zhilal al-Quran- ialah sebuah kitab, ia bukannya tafsir (yang sebenarnya). Sayyid Quthb menamakannya sebagai (تحت ظلال القرآن) “dibawah lembayung Al Quran” yakni seolah-olah dikatakan kepada semua muslimin, Al-Quran ini ialah peraturan untuk ummah yang mana mereka hidup di bawah naungannya.

Mereka meminum dari sasteranya sesuatu yang jernih bersih dan mereka mengambil Al-Quran dengan hati mereka, pasti mereka mendapati padanya ada penyembuh kepada masaalah-masalah, penyelesaian kepada tuntutan-tuntutan, dan pemusnah keluh kesah mereka hinggalah ke akhirnya.

Kitab (Fi Zhiilal al-Quran) itu memiliki uslub (metode bahasa) yang tinggi. Uslub yang ditulis oleh Sayyid Quthb menyebabkan sebahagian orang menyangka pada permulaan kalimat-kalimatnya adanya kesyirikan, adanya celaan kepada para anbiya’ dan sebagainya… Kalaulah diulangi meneliti kalimat-kalimatnya pasti akan didapati uslubnya adalah uslub sastra yang tinggi. Akan tetapi uslub ini tidak difahami melainkan bagi orang-orang yang mendalami membaca kitabnya. Kitab (Fi Zhilal Al-Quran itu) – [Rakaman tidak jelas] - tidak sunyi dari perkara-perkara yang memerlukan kajian dan pelurusan, sama seperti kitab-kitab yang lain yang juga tidak sunyi dari perkara-perkara yang memerlukan kajian dan pembetulan demikian juga kesalahan. Akan tetapi secara keseluruhannya bahawasanya penulis (Sayyid Quthb) telah menulisnya (Fi Zhilal al-Quran) dalam keadaan rasa ghirah (cemburu) dan cinta terhadap agama Islam. Disamping itu Penulis (Sayyid Quthb) itu, dia seorang pendidik dan peradaban umum. Maka apa yang terhasil darinya dalam tafsir ini (Fi Zhilal Al-Quran) perumpamaan-perumpamaan yang banyak – [Rakaman tidak jelas]. Maka diambil darinya (Sayyid Quthb dan kitabnya) potongan-potongan yang bermanfaat dan titik-titik yang baik, adapun kesalahan dan kekeliruan yang ada padanya – [Rekaman tidak jelas]- dimaafkan disebabkan kekurangan ilmu, memandangkan beliau bukanlah seorang ahli tafsir, sebaliknya beliau adalah seorang ahli dalam peradaban umum, maka perumpamaan-perumpamaan yang dibuatnya kadang-kala difahami daripadanya sebahagian manusia sebagai satu kesalahan, karena uslub (metode) perumpamaannya tinggi daripada uslub orang yang membacanya. Seandainya diulang-ulang perhatian terhadapnya, tidak didapati padanya (Fi Zhilal Al Quran) sangkaan-sangkaan (buruk) yang ada, sebaliknya itu adalah uslub dari uslub-uslub yang tinggi yang dapat mengurangkan (menyukarkan) pemahaman sebagian manusia terhadapnya, barangkali juga (salah faham itu terjadi) disebabkan buruk sangka. Maka seorang muslim tidak sepatutnya – {Rekaman tidak jelas]- atas adanya berbagai aib. Maka ambillah kebenaran dari siapa saja yang mendatangkannya. Sepatutnya seseorang mengetahui bahawasanya setiap manusia (Basyar) semua mereka adanya kekurangan dan kesalahan – [Rekaman tidak jelas]- Adapun kemaksuman itu (al ‘Ishmah) hanyalah untuk kitab Allah dan perkataan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, Apa pun selain kitab Allah dan As Sunnah, maka kesalahan pasti terjadi padanya, terutama kesalahan manusia yang telah hidup dalam masyarakat, melihat apa yang telah terjadi, dan telah bermusafir ke Barat beberapa tahun. Cukuplah kepada kita darinya (Sayyid Quthb) apa yang telah dia dapatkan dalam perjalanannya, sebahagian darinya penggalan kalimat yang bermanfaat (ada di dalam kitab Fi Zhilal) kalau seseorang manusia membacanya berulang kali, pasti dia akan melihat di dalamnya (Fi Zhilal Al Quran) kebaikan yang banyak.” (sumber: http://www.islamgold.com/view.php?gid=7&rid=155)

Komentar ini ternyata tidak diterima oleh sebagian orang yang memang sangat benci terhadap Sayyid Quthb. Maka, Syaikh Abdul Aziz Alu Asy Syaikh akhirnya ditanya lagi:

السائل : أحسن الله إليكم هذا يعقب على كلامكم قبل قليل عن تفسير سيد قطب وهل معناه الدعوة إلى قراءته من قبل المبتدئين في طلب العلم ؟
المفتي : والله أنا أقول طالب العلم إن قرأ به يستفيد ، الطالب بيميز [غير واضح] ، طالب العلم إذا قرأ في بعض المواضع حقيقة بعض المواضع فيها كتابا جيدا ، [غير واضح] الأخطاء ماأقول مايسلم من الخطأ ، لكن ينبغي الإنصاف والاعتدال وأن لا نحمل ألفاظه فوق مايحتمله ، مانحمل الألفاظ فوق ماتحتمله ، ولانسيئ الظن . 
والرجل له جهاد تعلمون أنه استشهد أو قتل شهيدا رحمه الله ، وله كتب كان فيها أخطاء فتراجع عنها ، لأن القرآن ربما كتابة تفسير القرآن عدلت منهجه السابق ، والقرآن لاشك أن من اعتنى به وأكثر من قراءته ينقله من حال إلى حال 
السائل : نعم

Penanya: “Semoga Allah memberikan kebaikan kepada Anda, komentar Anda terhadap Sayyid Quthb sebelumnya telah dikomentari. Apakah maknanya Anda menyeru kepada penuntut ilmu pemula agar membaca kitab Sayyid Quthb?

Mufti menjawab: Demi Allah, aku katakana bahwa jika seorang penuntut ilmu membacanya maka dia akan mendapatkan manfaatnya. Seorang penuntut ilmu dengan kemampuan membedakan (rekaman tidak jelas), penuntut ilmu jika ia membaca sebagian temanya yang hakiki yang terdapat di dalamnya sebagai kitab yang baik, (rekaman tidak jelas) kesalahan seperti yang aku katakan tidaklah ada yang selamat dari kesalahan. Tetapi hendaknya bersikap objektif dan adil, dan tidak menafsirkan perkataan di luar maksudnya. Kita tidaklah menafsirkan kata-kata di luar maksudnya, dan janganlah kita berburuk sangka.

Dia adalah seorang laki-laki berjihad yang kalian ketahui dan dia telah mendapatkan kesyahidan atau dibunuh menjadi syahid –rahimahullah. Dia telah menyusun buku-buku yang memiliki kesalahan yang dia telah rujuk darinya (sudah direvisi, pen). Al Quran dan juga barang kali tulisan tafsir Al Quran memiliki manhajnya yang adil, Al Quran –tidak ragu lagi- bagi orang yang benar-benar memperhatikan dan banyak pengkajian, maka dia bisa memiliki perubahan pandangan dari satu keadaan ke keadaan lain.

Penanya: Ya.
(sumber: http://www.islamgold.com/view.php?gid=7&rid=154)

Mufti Kerajaan Saudi Arabia –dengan kedalaman ilmu dan bijaknya- menyebut Sayyid Quthb sebagai Syahid, sementara Al Ustadz Ja’far menyebutnya sebagai teroris. Subhanallah!

3. Sayyid Quthb Di Mata Syaikh Hamud ‘Uqla Asy Syu’aibi Rahimahullah

Syaikh Hamud adalah ulama salafi yang sangat perhatian dengan jihad dan nasib mujahidin. Oleh karena itu dia sering disebut sebagai bapaknya Mujahidin. Fatwa beliau tentang Syaikh Sayyid Quthb ini, kami dapatkan beberapa tahun lalu dari Fatawa Asy Syu’aibi, kami mendownloadnya dari Maktabah Al Misykah. Berikut ini fatwa Beliau yang berisi pembelaan terhadap pihak yang menikam kehormatan Sayyid Quthb Rahimahullah:

كثرت الأقوال في سيد قطب رحمه الله ، فهذا ينزهه من كل خطأ، وذاك يجعله في عداد الفاجرين بل الكافرين فما هو الحق في ذلك ؟
الجواب :
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على من لا نبي بعده وبعد
فإن المفكر الأديب سيد قطب رحمه الله له أعداء كثيرون، يختـلفون في كيفية النقد وأهدافه والغايات منه، ويتـفـقون في مصالح مشتركة، وقبل أن أكشف بطلان مثالب الجراحين والمطاعن الموجهة إلى سيد رحمه الله ، أبين أولا لماذا يستهدف سيد قطب خاصة ؟ ومن المستفيد من إسقاطه ؟
إن سيدا رحمه الله يعد في عصره علما من أعلام أصحاب منهج مقارعة الظالمين والكفر بهم ، ومن أفذاذ الدعاة إلى تعبيد الناس لربهم والدعوة إلى توحيد التحاكم إلى الله ، فلم يقض إلا مضاجع أعداء الله ورسوله كجمال عبدالناصر وأمثاله .. وما فرح أحد بقتله كما فرح أولئك، ولقد ضاق أولئك الأذناب بهذا البطل ذرعا، فلما ظنوا أنهم قد قتلوه إذا بدمه يحيي منهجه ويشعل كلماته حماسا، فزاد قبوله بين المسلمين وزاد انتشار كتبه، لأنه دلل بصدقه وإقدامه على قوة منهجه، فسعوا إلى إعادة الطعن فيه رغبة منهم لقتل منهجه أيضا وأنى لهم ذلك.
فاستهداف سيد قطب رحمه الله لم يكن استهدافا مجردا لشخصه، فهو ليس الوحيد من العلماء الذي وجدت له العثرات، فعنده أخطاء لا ننكرها، ولكن الطعن فيه ليس لإسقاطه هو بذاته فقد قدم إلى ربه ونسأل الله له الشهادة، ولكن الذي لا زال يقلق أعداءه وأتباعهم هو منهجه الذي يخشون أن ينتشر بين أبناء المسلمين .
وإني إذ اسمع الطعن في سيد قطب رحمه الله لا أستغرب ذلك لقوله الله تعالى: { وكذلك جعلنا لكل نبي عدوا } فكل من معه نور من النبوة أيضا له أعداء من أهل الباطل بقدر ما معه من ميراث نبينا محمد عليه الصلاة والسلام ، فما يضير سيدا طعن الطاعنين، بل هو رفعة له وزيادة في حسناته، ولكن الذي يثير الاستغراب هو فعل أولئك القوم الذين يدّعون اتباع الحق ومع ذلك ينقصون الميزان ولا يزنون بالقسطاس المستقيم والله يقول: { ويل للمطففين الذين إذا اكتالوا على الناس يستوفون وإذا كالوهم أو وزنوهم يخسرون } , فأولئك إذا أرادوا مدح أحد عليه من المآخذ ما يفوق سيدا بأضعاف قالوا كلمتهم المشهورة "تغمس أخطاؤه في بحر حسناته" وقالوا "إذا بلغ الماء قلتين لم يحمل الخبث" وغير ذلك، وإذا أرادوا ذم آخر كسيد رحمه الله الذي يعد مجددا في باب ( إن الحكم إلا لله ) سلكوا معه طريق الخوارج وكفروه بالمعاصي والزلات .
وسيد رحمه الله لا ندعي له العصمة من الخطأ، بل نقول إن له أخطاء ليس هذا مجال تفصيلها، ولكنها لا تخل بأصل دعوته ومنهجه، كما أن عند غيره من الأخطاء التي لم تقدح في منـزلتهم وعلى سبيل المثال ابن حجر والنووي وابن الجوزي وابن حزم، فهؤلاء لهم أخطاء في العقيدة إلا أن أخطاءهم لم تجعل أحدا من أبناء الأمة ولا أعلامها يمتـنع من الاستفادة منهم أو يهضمهم حقهم وينكر فضائلهم ، فهم أئمة إلا فيما أخطئوا فيه، وهذا الحال مع سيد رحمه الله فأخطاؤه لم تقدح في أصل منهجه ودعوته لتوحيد الحاكمية وتعبيد الناس لربهم.
والقاعدة التي يجب أن تقرر في مثل هذه الحالات هي ما يستفاد من قول الله تعالى { يسألونك عن الخمر والميسر قل فيهما إثم كبير ومنافع للناس وإثمهما أكبر من نفعهما } فكل من حقق ما يجب تحقيقه من أصل الدين، ينظر بعد ذلك في سائر منهجه فإن كان خطؤه أكثر من صوابه وشره يغلب على نفعه فإنه يهمل قوله وتطوى كتبه ولا تروى ، وعلى ذلك فالقول الفصل في سيد رحمه الله أن أخطاءه مغمورة في جانب فضائله ودفاعه عن ( لا إله إلا الله )، لا سيما أنه حقق أصول المعتقد الصحيح ، وإن كان عليه بعض المآخذ وعبارات أطلقها لا نوافقه عليها رحمه الله .
وختاما لا يسعني إلا أن اذكر أنني أحسب سيدا والله حسيبه يشمله قوله عليه الصلاة والسلام ( سيد الشهداء حمزة، ورجل قام عند سلطان جائر فأمره ونهاه فقتله ) فنحسب أن سيدا رحمه الله قد حقق ذلك الشرط حيث قال كلمة حق عند سلطان جائر فقتله .. وأنقل كلمة له رحمه الله قبل إعدامه بقليل عندما أعجب أحد الضباط بفرح سيد قطب وسعادته عند سماعه نبأ الحكم عليه بالإعدام "الشهادة" وتعجب لأنه لم يحزن ويكتئب وينهار ويحبط فسأله قائلا : أنت تعتـقد أنك ستكون شهيدا فما معنى شهيد عندك؟ أجاب رحمه الله قائلا : الشهيد هو الذي يقدم شهادة من روحه ودمه أن دين الله أغلى عنده من حياته، ولذلك يبذل روحه وحياته فداء لدين الله .
وله رحمه الله من المواقف والأقوال التي لا يشك عارف بالحق أنها صادرة عن قلب قد مليء بحب الله وحب رسوله صلى الله عليه وسلم، وحب التضحية لدينه، نسأل الله أن يرحمنا ويعفو عنا وإياه.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين
قاله / حمود بن عقلاء الشعيبي
16/5/1421هـ

Banyak komentar tentang Sayyid Quthb Rahimahullah, di antara mereka ada yang mensucikannya dari segala kesalahan, dan ada pula yang mejadikannya sebagai orang fajir bahkan menganggapnya kafir. Mana yang benar di antara ini?

Jawab:

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin ash shalatu was salam ‘ala man laa nabiya ba’dahu, amma ba’du:

Sesungguhnya pemikir ulung, Sayyid Quthb Rahimahullah, memiliki banyak musuh. Mereka berbeda dalam cara, target, dan tujuan mengkritiknya. Tetapi mereka sama dalam kepentingannya. Maka, sebelum saya bongkar kebatilan celaan kaum pencela dan penyerang Sayyid Quthb Rahimahullah ini, pertama saya akan jelaskan dulu kenapa mereka menjadikan Sayyid Quthb sebagai target khusus serangan mereka? Dan siapa yang diuntungkan dari hal ini? 

Pada masanya, Sayyid Quthb menjadi salah seorang yang mengetahui manhaj yang mampu menggoncangkan kaum zhalim dan kekufuran yang ada pada diri mereka. Ia termasuk manusia yang paling bersemangat menyeru manusia agar menyembah Rabbnya dan mengajak untuk mentauhidkan hukum kepada hukum Allah Ta’ala. Tidak ada yang menentangnya kecuali sekumpulan musuh-musuh Allah dan RasulNya seperti Jamal Abdun Nashir …. Dan tidak ada manusia yang bahagia dengan terbunuhnya Sayyid Quthb sebagaimana kebahagiaan mereka. Ekor mereka menjadi pendek dengan kebatilan ini menjadi sehasta, maka ketika mereka menyangka bahwa mereka telah membunuhnya, padahal dengan darahnya dia (sayyid) menghidupkan manhajnya dan dia menyalakan ucapan-ucapannya dengan menggelora, dan bertambahlah penerimaan kaum muslimin terhadapnya dan bertambah luas pula penyebaran kitab-kitabnya. Karena hal ini menunjukkan kebenaran dirinya dan pendiriannya yang kuat terhadap manhajnya. Mereka melakukan upaya lagi untuk menyerangnya, sebagian mereka berharap agar manhajnya juga mati, dan saya pun di mata mereka juga demikian.

Sayyid Quthb Rahimahullah bukan satu-satunya target dalam hal ini, dan dia bukanlah seorang di antara ulama yang saya temukan memiliki berbagai ketergelinciran. Dia memiliki kesalahan, kita tidak mengingkarinya. Tetapi, serangan yang menimpanya, hendaknya bukan untuk menjatuhkan dirinya. Dia telah berpulang menghadap Rabbnya, kita minta kepadaNya agar dia diberikan kesyahidan. Tetapi, musuh-musuhnya dan orang yang mengikuti mereka, senantiasa gelisah dengan tersebarnya manhajnya diantara para abna’ul muslimin (pemuda Islam).

Sesungguhnya saya tidak merasa heran jika mendengar adanya orang yang mencela Sayyid Quthb, karena Allah Ta’ala berfirman: (Dan demikianlah Kami jadikan bagi setiap nabi adanya musuh). Maka, setiap orang yang bersamanya ada cahaya kenabian, dia akan memiliki musuh-musuh dari kalangan pelaku kebatilan, sesuai kadar pewarisan yang diterimanya dari Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Celaan itu tidaklah merugikan Sayyid Quthb, justru kedudukannya meninggi dan bertambah kebaikannya. Namun orang yang terpengaruh oleh keanehan orang yang mengklaim dirinya mengikuti kebenaran, tapi saat yang bersamaan mereka telah berbuat curang dalam timbangan dan menimbang dengan timbangan yang tidak adil. (kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi). Jika mereka hendak memuji orang yang kelemahan-kelemahannya lebih parah dari Sayyid Quthb, akan mengucapkan perkataan yang terkenal: “Kesalahan-kesalahannya tenggelam oleh lautan kebaikan yang dibuatnya.” Dan perkataan:” Jika air sudah dua kullah maka najis tidaklah berpengaruh.”

Tetapi jika mereka hendak mencela yang lain –seperti Sayyid Quthb Rahimahullah- yang mencoba menyegarkan kembali makna tema (Innil Hukmu Illa Lillah/Hukum itu hanyalah milik Allah), mereka yang berjalan bersamanya disebut khawarij, mereka mengkafirkannya karena maksiat dan ketergelincirannya.

Sayyid Rahimahullah tidak pernah mengklaim dirinya ma’shum dari kesalahan, bahkan kami katakan bahwa Beliau punya kesalahan dan bukan di sini tempatnya untuk membahasanya. Tetapi kesahalannya itu tidaklah menodai dasar-dasar da’wah dan manhajnya. Sebagaimana yang lainnya pun memiliki kesalahan yang tidak menodai kedudukan mereka, contohnya: Ibnu Hajar, An Nawawi, Ibnul Jauzi, dan Ibnu Hazm. Mereka semua memiliki kesalahan dalam aqidah, tetapi tidaklah itu menghalangi kaum muslimin dan ulamanya untuk mengambil manfaat dari mereka, merampas hak mereka, dan mengingkari keutamaan mereka. Maka, mereka adalah para imam walau mereka memiliki kesalahan. Dan, keadaan Sayyid Quthb juga demikian bersama kesalahan-kesalahannya, bahwa itu tidaklah menodai dasar-dasar manhajnya, dan da’wahnya kepada manusia untuk mengesakan Al Hakimiyah dan peribadatan kepada Rabb mereka. 

Kaidah yang harus diketahui dalam mengungkapkan masalah ini adalah sebagaimana kita ambil faidah dari firmanNya: (Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi, katakanlah bahwa keduanya memiliki dosa besar dan manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dibanding manfaatnya). Maka, setiap orang yang melakukan penelitian atas sesuatu yang wajib diteliti pada dasar-dasar agama, maka hendaknya setelah itu ia melihat pada semua manhajnya, bahwa jika kesalahan orang itu lebih banyak dari benarnya, yang buruk lebih banyak dari manfaatnya, maka acuhkan saja perkataannya, lipat saja buku-bukunya, dan jangan dilihat. Oleh karena itu, perkataan yang membedakan benar atau salah tentang Sayyid Quthb adalah bahwa kesalahan-kesalahannya tersebut tertutupi oleh keutamaan-keutamaannya dan oleh pembelaannya terhadap kalimat (laa Ilaha Illallah). Apalagi justru yang dibelanya adalah aqidah yang shahih, dan seandainya sebagian sumber pengambilan dari perkataannya masih mutlak, maka kami tidak menyepakatinya.

Terakhir, yang saya lakukan hanyalah menyangka kpad Sayyid bahwa Allah Ta’ala menghisabnya termasuk dalam golongan yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: (Sayyidusy Syuhada, penghulu para syuhada adalah Hamzah dan seseorang yang berdiri menentang penguasa zalim, dia memerintah dan melarang, lalu dia dibunuh) saya menyangka bahwa Sayyid Quthb telah memenuhi syarat dalam hadits itu, dia Mengutarakan kalimat yang haq di depan penguasa yang zalim. Aku pernah mengutip ucapannya sebelum datang hukuman mati baginya, dan seorang hakim merasa heran atas rasa senang dan bahagia Sayyid Quthb ketika mendengar kabar berita hukuman mati baginya yang mengantarnya pada kesyahidan tersebut. Yang mengherankan, dia tidak sedih, tidak menolak, dan tidak menganulirnya. Ada orang yang bertanya: “Anda merasa yakin akan menjadi syahid, memangnya apa makna syahid menurut Anda?” Beliau Rahimahullah menjawab: “Syahid adalah orang yang mempersembahkan jiwa dan darahnya, bahwa agama Allah lebih tinggi dari jiwa dan darahnya, oleh karena itu ia mengorbankan jiwa dan hidupnya sebagai tebusan bagi agama Allah.” 

Dan Sayyid Quthb Rahimahullah memiliki sikap dan perkataan yang tidak ragu lagi sebagai orang yang faham kebenaran, karena itu berasal dari hati yang penuh cinta kepada Allah Ta’ala dan cinta kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan cinta kepada pengorbanan terhadap agamanya. Kita mohon kepada Allah, semoga Allah merahmati dan memaafkan kita dan dia. Shallalahu ‘ala Nabiyyina wa ‘ala aalihi wa ashhabihi ajma’in.

Hamud ‘Uqla. 16/5/1421H

4. Sayyid Quthb Di Mata Syaikh Muhammad Hasan Hafizhahullah

Beliau ditanya:

ما رأيكم في مقالات الشهيد -بإذن الله- سيد قطب لماذا أعدموني؟

Pertanyaan : Apakah pandangan Anda tentang tulisan-tulisan Asy Syahid - biidznillah -Sayyid Quthb ?

الجواب : (( هو قيد بكلمة (بإذن الله) والتقييد دقيق لأننا ذكرنا قبل ذلك بأنه لا ينبغي أن نحكم في الدنيا بالشهادة لأحد أبداً ولو مات بين أيدينا في ميدان القتال، وإنما نقول: نرجو الله -عز وجل- أن يكون من الشهداء وبإذن الله نرجوه أن يكون عنده من الشهداء، هذا كلام مهم جداً؛ لأن كلكم يعلم قصة الرجل في الصحيحين الذي مات في ميدان القتال وكان قائد الميدان رسول الله -صلّى الله عليه وسلّم- وأثنى الصحابة على بلائه ثم قال -عليه الصلاة والسلام- : (هو في النار)) إلى آخر الحديث المشهور المعروف.

Jawaban : Dia (Sayyid Quthb) dikaitkan dengan kalimat - biidznillah- dengan izin Allah - dan mengaitkannya dengan izin Allah itu (tentang syahidnya) adalah lebih baik, kerana kami telah sebutkan sebelum ini, bahawasanya tidak boleh kita berhukum di dunia dengan syahid (secara pasti) kepada seseorang sama sekali. Walaupun seseorang itu mati dahadapan kita dalam medan peperangan, sebaliknya hendaklah kita katakan : Kami mengharapkan Allah ‘Azza wa Jalla menjadikannya dari kalangan para syuhada’, dan kami mengharapkan dia termasuk di kalangan syuhada’ di sisi Allah. Perkara ini amat penting (untuk diambil perhatian). Ini karena setiap kamu semua mengetahui kisah seorag lelaki yang terdapat di dalam Shahih Bukhari dan Muslim yang mati di dalam medan peperangan. Dia berani di dalam peperangan, lalu para sahabat memuji keberaniannya, kemudian sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam : “Dia di dalam neraka” sehingga ke akhir hadits, seperti yang masyhur dan yang diketahui umum.

فنسأل الله -عز وجل- أن يجعل الشيخ سيد قطب -رحمه الله- عنده من الشهداء فهو الرجل الذي قدّم دمه وفكره وعقله لدين الله -عز وجل- نسأل الله أن يتجاوز عنه بمنه وكرمه، وأن يغفر لنا وله وأن يتقبل منا ومنه صالح الأعمال، وأنا أُشهد الله أني أحب هذا الرجل في الله مع علمي يقيناً أن له أخطاء وأنا أقول: لو عاملتم يا شباب شيوخ أهل الأرض بما تريدون أن تعاملوا به الشيخ سيد قطب فلن تجدوا لكم شيخاً على ظهر الأرض لتتلقوا العلم على يديه لأن زمن العصمة قد انتهى بموت المعصوم محمد بن عبدالله وكل كتاب بعد القرآن معرض للخلل : ولو كان من عند غير الله لوجدوا فيه اختلافاً كثيرا

Kita memohon kepada Allah untuk menjadikan Asy Syaikh Sayyid Quthb - Rahimahullah - di sisinya termasuk dari kalangan para syuhada’. Beliau (Sayyid Quthb) seorang tokoh yang telah mempersembahkan darahnya, fikirannya dan akalnya untuk agama Allah ‘Azza wa Jallla kita memohon kepada Allah untuk memberi nikmat dan kemuliaan kepadanya (Sayyid Quthb), dan semoga Allah mengampunkan kita dan dia (Sayyid Quthb), dan menerima amal shalih kita dan dia.. Dan aku bersaksi kepada Allah, sesungguhnya aku mencintai beliau (Sayyid Quthb) kaeana Allah, dalam keadaan aku mengetahui dengan yakin bahawasanya bagi dia (Sayyid Quthb) ada beberapa kekeliruan , dan aku katakan kalau kamu semua lakukan wahai pemuda-pemuda kepada syaikh syaikh yang berada di bumi ini seperti apa yang kamu semua lakukan kepada Sayyid Quthb, pasti kamu tidak akan dapati walau seorang syaikh yang berada di atas muka bumi ini untuk kamu ambil ilmu darinya, ini kerana zaman ‘ishmah telah berlalu pergi dengan wafatnya alma'shum Muhammad bin Abdillah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Dan setiap kitab selain dari Al Quran pasti terdapat kekurangan, firman Allah Ta’ala : “Kalaulah Al Quran itu bukan daripada Allah, pastilah kamu akan mendapati di dalamnya pertembungan yang banyak.”

لذا فأنا أحب هذا الرجل مع علمي ببعض أخطائه وأقول ومَن مِن البشر لم يخطئ؟ (فكل بني آدم خطاء وخير الخطائين التوابون (

Aku mencintai Sayyid Quthb dalam keadaan aku tahu terdapat beberapa kekeliruannya, dan aku katakan, siapakah dari kalangan manusia yang tidak melakukan kekeliruan ? - Setiap anak Adam itu melakukan kesalahan, dan sebaik-baik yang melakukan kesalahan itu ialah yang bertaubat.”
Sumber: http://salafiharoki.wordpress.com/2008/01/23/fatwa-al-syeikh-muhammad-hasan-tentang-sayyid-qutb/#more-18

5. Sayyid Quthb Di Mata Syaikh Masyhur Hasan Alu Sulaiman Hafizhahullah

Beliau juga ditanya mengenai pendapatnya tentang Sayyid Qutb sebagaimana bisa dijumpai dalam website pribadi beliau Beliau hafidzahullah menjawab:

ما رأيك في سيد قطب؟
الشيخ مشهور حسن ال سلمان
السؤال 363: ما رأيك في سيد قطب؟
الجواب: سيد قطب أخطأ فيه اثنان، واقول هذا عبادة، وأعبد الله عز وجل فيما أقول: فقد أخطأ في سيد قطب من كفره، وقد عامله وحمل عباراته ما لايخطر بباله ولواحد كتاب في تكفير سيد قطب، وهذا ظلم له، فمن الظلم له أن نحمل ألفاظه ما لا يخطر في باله، بل من الظلم لسيد قطب أن نعامله وأن نحاكم ألفاظه وعباراته بعبارات واصطلاحات العلماء، وإنما نحاكمها بعبارات واصطلاحات الادباء، وهناك فرق كبير بين الأمرين
سيد قطب في كتبه يقول عن ربنا عز وجل “ريشة الكون المبدعة” ويقول أيضا ًعن ربنا “مهندس الكون الأعظم” فيا ترى لما يقول سيد عن ربنا الريشة المبدعة، هل يظن سيد أن الله ريشة؟ وهل يظن انه مهندس عنده أنه مهندس عنده أدوات هندسية؟ قطعاً لا، فمن يكفر سيد لأنه يظن أن سيد يعتقد أن الله ريشة، هذا ظلم لسيد قطب، ولذا من كفر سيد قطب فإنه يحاكم ألفاظه باصطلاحات العلماء، وسيد قطب من الأدباء وليس من العلماء، ولو نفهم فقط هذا الأمر لارتحنا، وهذا يقصر علينا مسافة واسعة، وهذا فريق غلا في الحط على سيد.
وعندنا فريق آخر اعتبر سيد قطب منطقة محرمة، والويل كل الويل لمن تكلم عليه، فيقول : سيد فعل وفعل…. نقول: ما فعله له، ونسأل الله أن يتقبله وهو أفضى إلى أحكم الحاكمين.
لكن الخطورة فيما كتب وفيما كتب أشياء ينبغي أن تقوم، وأوجب الواجبات في تقويم ما كتب يلقى عاتق أخيه الأستاذ محمد قطب، وياليت محمد قطب يطبع كتب أخيه وفي هوامشه تعليقات فيها بيان لأخطاء سيد قطب، ويبين أنه ليس مراده كذا وكذا، فحينئذ نرتاح من غلو الكافرين ونرتاح من تاويل المأولين الذين لا يريدون أن يقولوا إن سيد قد وقع في كلامه خطأ، وانا أرى أن هذا واجباً فمهما كتب العلماء في أخطاء سيد قطب، تبقى كتبه شائعة، ولا يصل التقويم الذي كتبه أهل العلم، من أمثال الشيخ ربيع وغيره، بلغة العلم ونقد العلماء، لا يصل إلى كل الناس، لاسيما المعجبين بسيد قطب.
فسيد قطب كتب بعاطفة ،وكتب بتجوز، وكتب بعبارات الأدباء، فوقعت في كتبه أشياء مرودوة، مرفوضة بلغة العلماء. ونحن نتكلم عن التوحيد فسيد ينكر ان يكون الله استوى على عرشه، ويقول استوى بمعنى استولى، وهذا خطأ كبير، بل ينكر العرش ويأوله ،ويوجد في كتب سيد قطب عبارات شديدة حول الصحابة، لاسيما عمرو بن العاص ومعاوية، فمثلاً في كتابه “كتب وشخصيات” (242) يقول: (وحين يركن معاوية وزميله إلى الكذب والغش والخديعة والنفاق والرشوة وشراء الذمم لايملك علي أن يتدلى إلى هذا الدرك الأسفل)، فهذه عبارات خطيرة جداً، في أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا يقولها من يعرف العقيدة، ويعلم أن الواجب علينا أن نكف عما شجر بين أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم فكما جاء في الحديث: {إذا ذكر أصحابي فأمسكوا}، أما أن يوصف معاوية وعمر بالكذب والغش والخديعة فنبرأ إلى الله من هذا، وفي كتابه “العدالة الاجتماعية” (172) يصف حكم الخليفة الراشد عثمان بأنه فجوة بين حكم أبي بكر وعمر وبين علي، وفي ص 159، يقول عن حكم عثمان: (تغير شيء ما على عهد عثمان، وإن بقي في سياج الإسلام)، بل يقول: (جاء علي ليرد التصور الإسلامي للحكم إلى نفوس الحكام والناس) فكأن عثمان ما كان يحكم بالإسلام، وهذه عبارات شديدة لا نرضاها.
فمن يكفر سيد قطب مخطئ، ومن يسوغ ويبرر لسيد أخطاؤه مخطئ، وينبغي ان نكون جريئين كي لا نجرئ السفهاء، على سيد، فنصرح ونقول: هذا خطأ وهذا خطأ ومراده كذا كي تكون حجراً في وجه من يكفر سيد قطب، ونضع الأشياء في اماكنها ففي سيد غلو في الحب وغلو في البغض، وكثير من شباب اليوم للأسف يتعلمون دين الله وينشأون على كتب سيد قطب، وكتب سيد قطب لا يوجد فيها علم شرعي، فيها خواطر وعواطف وأدب، وليس علماً شرعياً، فالأصل في الشباب أن يتأصلون في العلم الشرعي، من خلال كتب الأئمة والفقهاء والعلماء، فينبغي أن يكون الإقبال على الكتاب والسنة وهذا ما عندي في هذه المسألة وفقني الله وإياكم للخيرات وجنبني وإياكم الشرور والمنكرات

Apa Pendapat Anda Tentang Sayyid Quthb?

Jawab:

“Terdapat dua kesalahan pembicaraan mengenai Sayyid Quthb, dan ucapan ini adalah ibadah.Dan saya (meniatkan) ibadah dalam apa yang akan saya katakan.Sungguh telah salah orang yang mengkafirkan Sayyid Qutb dengan menginteraksinya yakni dengan membawa ungkapan-ungkapan beliau yang (sebenarnya) tidak merusak keadaan beliau.Dan sebuah buku berisikan pengkafiran Sayyid Qutb, maka ini adalah bentuk kedzaliman terhadap beliau.Dan diantara kedzaliman terhadapnya adalah membawa lafadz-lafadz Sayyid Quthb padahal sesungguhnya tidak menciderai keadaan beliau.Bahkan dari kedzaliman juga terhadap Sayyid Quthb dengan menginteraksi dan menghukumi lafadz-lafadz serta ungkapan Sayyid dengan ungkapan serta istilah-istilah para ulama (definisi keilmuan syariat).Hanya saja seharusnya kita menghukuminya dengan ungkapan dan istilah kesusasteraan.Disanalah ada dua perbedaan besar antara dua hal.

Sayyid Quthb dalam bukunya berkata tentang Rabb kita ‘Azza wa Jalla dengan ungkapan “Risyatul Kauni Al-Mubdi’ah” (Pena yang mencipta alam semesta).Dan berkata juga tentang Rabb kita dengan ungkapan “Muhandisul Kauni Al-A’zham”(Arsitek alam yang maha agung).Maka engkau lihat bagaimana Sayyid Qutb mensifati Allah dengan “Pena yang mencipta”.Apakah Sayyid berkeyakinan bahwa Allah itu pena? Dan apakah Allah itu seorang arsitek yang disisinya ada peralatan teknik? Tentu tidak.

Maka siapa yang mengkafirkan Sayyid Quthb karena menurut persangkaannya Sayyid itu mengatakan bahwa Allah adalah pena,ini adalah kedzaliman terhadapnya.Oleh karenanya siapa yang mengkafirkan Sayyid Quthb berarti dia menghukumi ungkapan-ungkapannya dengan istilah para ulama.Sayyid Quthb adalah seorang sustrawan dan bukan ulama.Dan pemahaman akan hal seperti ini cukup melegakan kita. Dan kami menyingkatnya dari pembahasan yang panjang serta luas. Dan (yang seperti diatas) ini kelompok yang dengki dalam mendudukkan Sayyid Qutb
Dan menurut kami ada bagian lain dari anggapan terhadap Sayyid dengan ucapan yang diharamkan.Dan amat celaka bagi yang berbicara tentangnya, dengan berkata :Sayyid melakukan demikian dan demikian……Kami katakan, “Apa yang telah dilakukannya adalah bagi dirinya!?”.Dan kami memohon kepada Allah agar menerimanya dan Allah lah yang maha luas bijaknya dari seluruh hakim.

Akan tetapi yang penting adalah apa yang dia telah tulis dan segala sesuatunya selayaknya diluruskan.Dan kewajiban terhadap pelurusan ini dapat ditemui pada saudara nya yakni Al Ustadz Muhammad Qutb. Beliau telah mencetak buku-buku saudaranya (Sayyid Quthb) dan dalam catatan-catatan kakinya dia berikan komentar-komentar akan penjelasan kesalahan-kesalahan Sayyid Quthb.Dan juga dijelaskan bahwa maksud Sayyid bukan demikian dan demikian. Maka sekarang kami lega dari extrimnya para kaum kafir dan dari takwilnya para pentakwil yang tidak mau (jujur) berkata bahwa Sayyid Quthb telah tersalah dalam perkataannya.

Dan saya memandang bahwa hal seperti ini adalah hal yang wajib, meskipun para ulama telah menulis kesalahan-kesalahan Sayyid Quthb,kitab -kitab beliau masih tersebar dan tidak sampai pelurusan-pelurusan yang disampaikan ahli ilmu.Diantaranya seperti apa yang ditulis Asy-Syaikh Rabi’ dan selainnya dengan bahasa ilmu (syariat) serta kritikan para ulama tidak sampai (dimengerti) semua orang, terutama bagi para pengagum Sayyid Quthb.

Sayyid Quthb menulis (kitab-kitabnya) dengan perasaannya, dan menulis dengan kiasan,dan menulis dengan ungkapan-ungkapan sastra sehingga (tentu) terdapat hal-hal yang berlawanan dengan bahasa ulama (definis syariat). Kita berbicara dalam (bahasan) tauhid, bahwa Sayyid Quthb mengingkari bahwa Allah ber-istiwa (bersemayam) diatas Arsy-nya.Dimana Sayyid berkata istiwa dengan makna istawlaa (menguasai).Dan ini adalah kesalahan besar.Bahkan dia ingkari dengan takwilnya.Juga dapat ditemui dalam kitab Sayyid Qutb ungkapan-ungkapan keras mengenai sahabat (Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam) terkhusus Amr bin Ash dan Muawiyah,misalnya dalam “Kutub Syakhshiat” (hal 242) berkata “Tatkala Muawiyah dan sahabatnya cenderung kepada kedustaan,kecurangan, bertipu muslihat,nifaq, suap,jual beli darah, (maka) Ali tidaklah memiliki kemampuan sampai pada tingkatan terendah seperti ini”. Ini adalah ungkapan yang berbahaya sekali terhadap sahabat Rasulillah shalalllahu ‘alaihi wasalam dan tidak akan mengatakannya orang yang paham tentang aqidah serta mengetahui bahwa kewajiban kita adalah menahan diri dari perselisihan yang terjadi dikalangan sahabat Rasulillah shalallahu ‘alaihi wasalam sebagaimana datang dalam hadist “Idzaa dzakaro ashhabii fa amsikuu” (Apabila disebutkan tentang sahabatku maka tahanlah).Adapun disifatinya Muawiyah dan Anr dengan dusta dan curang serta penipu, maka kami berlepas diri menyerahkannya kepada Allah akan urusan ini.

Juga dalam kitabnya “Al-’Adalah Al-Ijtimaiyah”(hal 172) Sayyid mensifati khalifah yang terbimbing Ustman bahwa dia celah antara hukum Abu Bakr ,Umar dan Ali.Dan dalam halaman 159,Sayyid berkata (Telah berubah keadaan pada zaman kekuasaan Ustman ,meskipun masih dalam pagar islam).Bahkan juga Sayyid berkata ( Ali datang untuk membantah gambaran islam dalam hukum kepada jiwa-jiwa penguasa dan manusia) Maka pernyataan ini seolah-olah Ustman tidak berhukum dengan islam ,dan ungkapan seperti ini keras dan kami tidak menerimanya.

Maka salahlah siapa yang mengkafirkan Sayyid Quthb dan juga salah orang yang membiarkan atau membaikkan kesalahannya. Dan selayaknya kita berani agar orang-orang yang bodoh tidak lancang terhadap Sayyid. Maka kita jelaskan dengan mengatakan, ini salah dan itu salah serta maksudnya demikian dan demikian agar batu di wajahnya bagi yang mengkafirkan Sayyid Quthb.Dan meletakkan sesuatu pada tempat-tempatnya. Maka dalam berlebihan terhadap Sayyid dan berlebihan dalam kebencian terhadapnya. Dan kebanyakan para syabab (pemuda) hari ini sangat disayangkan ,dimana mereka belajar agama Allah dan tumbuh bersama kitab-kitab Sayyid Quthb padahal tidak didapati pada kitab-kitab Sayyid ilmu syar’i (yang mencukupi). Maka adalah yang pokok bagi para pemuda ini agar mengokohkan diri dalam ilmu syariat. Maka selayaknya mereka menerima KItab dan Sunnah.Dan inilah menurut saya pada permasalahan ini. Semoga Allah memberikan taufiq kepada kalian akan kebaikan dan menjauhkan saya serta kalian kejelekan -kejelekan dan kemungkaran.”

Sumber: http://almenhaj.net/makal.php?linkid=388

Demikianlah sikap sebagian ulama salafi masa kini terhadap Syahidul Islam Sayyid Quthb Rahimahullah, yang semuanya menampakkan sikap objektif dan amanah. Selain mereka ada pula pandangan Syaikh Ibnu Jibrin dan Syaikh Bakr Abu Zaid yang memberikan pandangan adil kepada Sayyid Quthb, bahkan Syaikh Bakr membuat makalah ilmiah tentang masyru’nya istilah Asy Syahid, sebagaimana yang di muat dalam situs Islamgold.com. Amat berbeda dengan Al Ustadz Ja’far Umar Thalib yang begitu sinis dan tendensius menyerang Sayyid Quthb di forum terbuka yang di tonton oleh jutaan pasang mata. Semoga Allah Ta’ala memberikan balasan yang baik kepada para ulama rabbani dan mujahidin, dan Allah Ta’ala memberikan hidayah kepada ahlul fitnah di mana pun berada. Wallahu A’lam wa ilaihil Musytaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar