INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Selasa, 29 Oktober 2013

PROFIL PERPUSTAKAAN UNSIQ JAWA TENGAH DI WONOSOBO



PROFIL PERPUSTAKAAN UNSIQ JAWA TENGAH
DI WONOSOBO
 Oleh Affanoer UNSIQ
A.    Latar Belakang
Universitas Sains Al Qur’an merupakan salah satu perguruan tinggi Islam yang ada di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1988. Pada awal berdirinya bernama IIQ (Institut Ilmu-Ilmu al-Qur’an) hanya memiliki 2 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan  Fakultas Dakwah. Hingga ini mengalami perkembangan yang pesat karena telah memiliki 8 fakultas termasuk program pascasarjana dan mempunyai 20 program studi. Dengan sarana-prasarana dan sumberdaya yang dimiliki, UNSIQ diharapkan mampu mengemban tugas pokok perguruan tinggi yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keberadaan Perpustakaan UNSIQ untuk menunjang terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut secara optimal. Dalam menjalankan fungsinya Perpustakaan UNSIQ berupaya untuk menghimpun, mengolah, menyajikan serta menyebarluaskan informasi.
B.    Sejarah
Perpustakaan UNSIQ bermula dari perintisan Perpustakaan IIQ Jawa Tengah di Wonosobo tahun 1988 yang dikomandani oleh Bapak Margolaksono Widodo, SH (alm.),  pegawai Pemkab Wonosobo yang diperbantukan dibantu oleh Ibu Nur Farida.  Dikelola secara sungguh-sungguh sebagaimana lazimnya perpustakaan perguruan tinggi pada Tahun 1990-1994 yang dipimpin oleh Bapak Drs. Samsul Munir MA. Pada Tahun 1994-1996 Perpustakaan dipimpin oleh Ibu Dra. Rufiati, dilanjutkan kepemimpinannya oleh Bapak KH Ibnu Hamid BA (alm.), kemudian Bapak Mukromin, M.Ag. sampai tahun 1998. Selanjutnya dipimpin oleh Bapak Tas’an, M.Ag. antara tahun 1998-2000.
Tahun 2000-2002 kembali dipimpin oleh Bapak Drs. Samsul Munir M.A.  Tahun 2002 -2010 dipimpin oleh Bapak Drs. M Junaedi, M.H., yang pada masa ini mengalami perkembangan yang pesat karena banyak mendapat bantuan dari luar.  Tahun 2010-Sekarang dipimpin oleh Bpk Drs. H. Noor Aziz Ja’far, M.Pd. Banyak tambahan buku-buku baru hingga sampai sekarang sudah ada 15360 Judul. Pada awal tahun 2010 UNSIQ menjadi salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai Pusat Keunggulan (Center of Excellence) oleh Kementerian Agama RI dengan didirikannya Pusat Studi al-Quran (PSQ) yang banyak memiliki koleksi Kitab-kitab Klasik dari berbagai penjuru dunia. Koleksi ini sangat menunjang studi agama khususnya bidang tafsir al-Qur’an yang banyak digunakan oleh mahasiswa pascasarjana.
Perpustakaan era sekarang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology), karenanya Perpustakaan UNSIQ secara mulai melakukan penerapan teknologi tersebut secara bertahap. Mulai pertengahan tahun 2010, Perpustakaan UNSIQ telah meningkatkan mutu layanan dengan menerapkan sistem perpustakaan digital dengan software LASer (Library Automation Services)  yang dibuat dan dikembangkan oleh Sains Digital Library Research UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.
C.    Visi, Misi, Tujuan dan Fungsi

1.    Visi
Mewujudkan perpustakaan UNSIQ sebagai pusat layanan informasi  berbasis keislaman, keal-Qur’anan dan IPTEK.
2.    Misi
Menjadi fasilitator utama Universitas Sains Al Qur’an dalam pelestarian, pengaksesan dan pemberdayaan informasi guna menunjang kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan:
a.    Menjadi pusat informasi ilmiah bagi sivitas akademika.
b.    Menjadi sarana penunjang yang handal dalam pelaksanaan Tri Dharma PT.
c.    Menjadi rumah kedua bagi segenap sivitas akademika.
d.    Meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan perkembangan IPTEK.
e.    Memperkuat hubungan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan akses ke sumber-sumber yang relevan.
3.    Tujuan
  • Menunjang sistem belajar mengajar bagai sivitas akademika UNSIQ sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas tingg
  • Menunjang sistem belajar mengajar bagi sivitas akademika UNSIQ sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi
  • Menunjang terselenggaranya penelitian bagi sivitas akademika UNSIQ sehingga ilmu pengetahuan dapat berkembang dengan baik
  • Melakukan kerjasama dengan pihak - pihak luar UNSIQ dalam pemanfaatan informasi
  • Meningkatkan sistem pengaksesan informasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus
4.    Fungsi dan Tugas Pokok
  • Mengumpulkan, mengolah, memproduksi serta memberikan layanan informasi
  • Menunjang pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Menunjang sistem jaringan informasi pada perguruan tinggi di tingkat nasional  
  • Tempat pelestarian ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Mengumpulkan, mengolah dan memberikan layanan informasi yang luas dan mendalam guna mendukung kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan ciri khas keislaman, ke al-Qur’anan dan IPTEK.

2 komentar: