INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Minggu, 27 Oktober 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :     MTs N Kalibeber Mojotengah
Kelas / Semester               :    VII (tujuh)/1 (ganjil)                                                 
Mata Pelajaran                :     IPA/Fisika
Alokasi waktu                  :     2 x 40 menit
Pertemuan                       :     1 pertemuan
Hari/tanggal                     :     Senin, 12 Mei 2013
Jam ke-                             :     1-2

Standar Kompetensi :          
1)      Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar:   
1.3.  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator:      
1.      Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
2.      Mengunakan alat-alat ukur panjang, massa, waktu, suhu sesuai dengan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter siswa yang diharapkan :
-       Disiplin ( Discipline )
-       Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-       Tekun ( diligence )
-       Tanggung jawab ( responsibility )
-       Ketelitian ( carefulness)

I.            Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.      Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
2.      Mengunakan alat-alat ukur panjang, massa, waktu, suhu sesuai dengan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

II.         Materi Pembelajaran  : Pengukuran
A.    Pengukuran dan ketelitiannya
Mengukur adalah membandingkan satu jenis besaran dengan besaran lain yang sejenis yang ditentukan sebagai satuan. Pengukuran yang paling tepat akan memperoleh hasil pengukuran yang valid (dapat dipercaya) yang mendekati kebenaran.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengukuran
1.      Pemilihan alat ukur yang tepat
2.      Keterampilan pengamat
3.      Kondisi yang sesuai
4.      Pemilihan cara pengukuran yaitu cara langsung atau tak langsung
5.      Pengulangan pengukuran.

B.     Alat ukur besaran
1.      Mengukur panjang
Panjang satuan SI nya meter (m), 1 meter didefinisikan sabagai jarak yang ditempuh cahaya dalam vakum selama sekon.
Besaran panjang dapat diukur dengan:
a.       Meteran kelos
Tingkat ketelitian 1 cm. Digunakan untuk mengkur besaran panjang yang nilainya besar. Contoh: panjang tanah.
b.      Mistar
Mistar berskala terkecil memiliki memiliki ketelitian sampai 1 mm = 0,1cm. Ketelitian alat untuk satu kali adalah setengah skala terkecil.
Panjang benda melebihi 8,7 cm
Panjang kelebihan ditaksir 0,05 cm
Hasil pengukuran panjang 8,75 cm
Batas ketelitian ½ x 1 mm = 0,5 mm

c.       Jangka sorong
Jangka sorong memiliki ketelitian sampai 0,1 mm atau 0,1 cm. Jangka sorong terdiri dari rahang tetap yang berskala cm dan mm, dan rahang sorong (geser) yang dilengkapi dengan skala nonius yang panjangnya 9 mm dan dibagi dalam 10 m skala. Panjang 1 skala nonius adalah 0,9 mm.
Benda skala antara rahang utama dengan rahang sorong adalah 0,1mm sehingga ketidakpastian dari jangka sorong adalah ½ x 0,1 mm = 0,005 mm

d.      Mikrometer sekrup
Skala terkecil 0,01 mm atau 0,001 cm
Skala yang dimiliki mikrometer sekrup adalah skala tetap dan skala putar. Digunakan untuk mengukur besaran yang nilainya sangat kecil, misal diameter kawat, tebal buku, dan lain-lain.

2.      Mengukur massa
Massa adalah banyaknya zat yang terkandung dalam suatu benda. Satuan SI nya adalah kilogram (kg). Massa berbeda dengan berat. Berat adalah gaya yang dialami benda akibat gaya tarik bumi pada benda tersebut.satuan SI nya Newton (N).
Besaran massa dapat diukur dengan menggunakan:neraca pasar atau timbangan, neraca elektronik atau digital, neraca sama lengan dan neraca ohaus.

3.      Mengukur waktu
Alat ukur waktu antara lain jam, stopwatch dsb. Stopwatch memiliki ketelitian 0,1 sekon.

4.      Mengukur suhu
Benda memiliki tingkat panas yang berbeda-beda, dingin, hangat, dan panas. Untuk membedakan tingkat panas secara tepat diukur dengan termometer, suhu satuan SI nya adalah Kelvin (K).

5.      Mengukur volume
Mengukur volume benda yang bentuknya tidak teratur dapat dilakukan dengan menggunakan gelas ukur.
III.      Metode Pembelajaran :          
Model: Direct Instruction (DI) dan Contextual Teaching Learning (CTL)
Metode: Ceramah, Tanya jawab, Latihan

IV.      V. Langkah-langkah Kegiatan:
No.
Kegiatan
Guru
1.
(Kegiatan awal)
(15 menit)
§  Memberi salam
§  Mempresent peserta didik
§  Memberikan apersepsi
2.
(Kegiatan inti)
(50 menit)

Eksplorasi
§  Mendiskripsikan pengukuran dan ketelitiannya serta alat ukur  panjang, massa dan waktu dengan melihat video.
§  Memberikan stimulus dalam bentuk diskusi untuk memecahkan kesulitan belajar.
§  Memberikan latihan kepada peserta didik.
§  Memberi penghargaan kepada peserta didik yang berhasil menjawab.
Elaborasi
§  Menyuruh peserta didik untuk melakukan kegiatan mengukur dengan satuan baku dan tidak baku dengan menggunakan tangan dan penggaris mereka masing-masing.
§  Menyuruh peserta didik untuk mengumpulkan hasil kegiatan yang telah dilakukan.
Konfirmasi
§  Memberikan kesempatan untuk memahami konsep yang telah dipaparkan dalam video pembelajaran melalui diskusi.
§  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
(Kegiatan akhir)
(15 menit)
§  Menginformasikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya dan memotifasi peserta didik untuk mensyukuri nikmat-Nya dengan membersihkan harta yang dimilikinya melalui  zakat sesuai dengan ukurannya kepada fakir miskin.
§  Mengakhiri pembelajaran dengan salam.

V.         Sumber Belajar
Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur, LCD
VI.      Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes tertulis dan uji petik kerja
b. Bentuk Instrumen: kuis dan uji petik kerja
c. Instrumen:  
§  Contoh kuis: Pengukuran adalah...
§  Contoh Uji petik kerja
-       Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan dengan tangan dan juga penggaris, tulislah hasil pengukuran anda dan kesimpulan anda!
      Wonosobo,  20  September 2012
Mengetahui,
Guru Pamong Fisika                                                   Guru PPL


Istriani Apriliana, S.Pd.                                            Khomaryati                          

Mengetahui,
Kepala MTs N Kalibeber



Drs. Khaerun, M.Ag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar