INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Sabtu, 07 April 2012


TAKHFIDZ AL-QUR’AN
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata kuliah takhfidzul Qur’an yang diampu oleh bpk.Ma’sum




Oleh:

Affanoer


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2012


BAB 1
PENDAHULUAN
            AL-QUR’AN adalah wahyu ALLAH yang wajib kita pelajari dan kita amalkan sebagai pedoman dalam hidup sehari-hari, barang siapa yang membaca , mempelajari dan mengamalkan AL-QUR’AN maka allah akan memberikan pahala yang besar. Rasululloh pun pernah bersabda: barang siapa yang mahir dalam membaca Alqur’an maka nanti akan berkumpul bersama para malaikat yang mulia lagi taat , sedangkan orang yang kesulitan dan berat membaca AL-QUR’AN maka dia mendapat dua pahala                                           
            Maka dari itu mata kuliah takhfidzul Qur’an yang ada di UNSIQ sangat baik dan salah satu mata kuliah yang membedakan antara UNSIQ dengan universitas lain yang ada di Jawa Tengah khususnya, meskipun bayak mahasiswa yang takut dengan Mata kuliah takhfidzul Qur’an namun mata kuliah ini juga membawa pahala tersendiri , dalam makalah ini saya akan membahas tentang permasalahan yang dihasapi dalam menghafal al-qur’an beserta solusinya .











BAB 11
PEMBAHASAN
A.    STRATEGI UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN
a)     Tujuan dan motivasi menghafal AL-QUR’AN yang jelas
Apabila kta mempunyai tujuan yang jelas dalam menghafal AL-QUR’AN maka kita akan semangat dalam menghafal dan akan terus termotivasi oleh sesuatu yang menjadi tujuan utama kita tentunya dalam hal yang positif yaitu untuk mencari ridho ALLAH dihari yaumul Qiyamah, dan yang lainya adalah untuk menyenangkan hati orang tua , jika kita mampu menghafal dan mengamalkan al-qur’an tentu orang tua akan merasa bangga dan senang.
b)    Memilih waktu yang tepat
Waktu yang tepat dalam menghafal al-qur’an adalah sebelum atau sesudah subuh .
c)     Baca ayat yang dihafal berulang-ulang sampai 20x
d)    Merekam hafalan sendiri sebagai penguat hafalan.
e)     Mengulang-ulang ayat yang sudah dihafal sebelum menambah hafalan.
f)      Menggunakan satu mushaf sebagai patokan hafalan.
g)     Sering mendengarkan murotal (sebagai penguat hafalan)
h)    Pengulangan secara keseluruhan (muroja’ah)






B.    GANGGUAN YANG DIHADAPI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN
Menghafal Al-quran bukan sesuatu hal yang mudah kita jalankan butuh keseriusan dalam menjalankanya , banyak hal-hal yang dihadapi dalam proses menghafal al-qur’an , apalagi kita sebagai mahasiswa dimana kita sedang mengalami proses menuju masa kedewasaan yang di dalamnya banyak sekali masalah-masalah yang menjadi kendala dalam menghafal Al-qur’an antara lain adalah:
a.     Melawan rasa males
b.     Kurangnya motivasi dari orang-orang terdekat
c.      Apabila sedang mempunya masalah pribadi misalnya dengan pacar, teman dll yang akibatnya membawa dampak negatif dalam diri kita
d.     Belum mempunyai niatan yang tulus untuk menghafal dan kadang masih terpengaruh oleh gaya dunia zaman sekarang
e.     Kadang gampang menyerah
f.       Kadang suasana tempat tidak mendukung
g.     Masih mementingkan pekerjaan lain .
C.     ADAB MEMBACA ALQUR’AN
Agar mempermudah hafalan maka ada beberapa adab yang dijalankan sesuai dengan syari’at yang berlaku, antara lain:
a.     Dalam keadaan suci (wudzu)
b.     Ambil dengan tangan kanan dan angkat dengan kedua tangan
c.      Dibaca ditempat suci (bersih)
d.     Menghadap kiblat
e.     Khusyu” dan tenang
f.       Memakai pakaian yang pantas dan menutup aurat
g.     Memulai dengan ta’awudz dan basmalah
h.     Perhatikan tanda wakaf dan kaidah baca lainya.
i.        Penuh perhatian



D.    SOLUSI DAN HARAPAN UNTUK MATA KULIAH TAKHFIDZUL QUR’AN SEMESTER MENDATANG
Mata kulaih tahfidz adalah salah satu mata kuliah yang banyak disegani para mahasiswa namun juga menjadi mata kuliah yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa.
Setiap mahasiswa di UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN Mempunyai latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda, ada yang suah mahir dalam membaca, membaca bahkan menghafalkan kaeran mereka sudah mempunyai bekal dari pendidikan sebelum mereka masuk UNSIQ sehingga mereka sama sekali tidak merasa kesusahan dalam menghafal karena mungkin dilingkungan keluarga sudah diajarkan sejak dini, maka ketika dihadapkan dengan mata kuliah ini mereka malah merasa senang krena otomatis akan mendapatkan nilai yang tinggi dalam mata kuliah ini,
Namun sebaliknya, banyak mahasiswa yang sangat merasa kesulitan dalam mata kuliah ini bahkan menjadi suatu beban tersendiri buat mereka karena mereka tidak terbiasa, bahkan ada beberapa mahasiswa yang terus mengeluh dan takut masuk kuliah jika ada mata kuliah takhfidzul Qur’an,
            Menurut saya pribadi bpk. Ma’sum sudah sangat baik dan bijaksana dalam mengampu mata kuliah ini , tapi menurut saya ssistem disemester 3 kuranmg , karena menjadikan mahasiswa kurang disiplin dalam berpaakaian dan dalam kehadiran dikelas. Sebainya sistem dan kontrak belajar seperti pada waktu disemester 1 dan semester 2.

 BAB 111
PENUTUP 
         Mata kuliah takhfidzul Qur’an sangat mendukung para Mahasiswa agar dapat mahir dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an meski banyak rintangan dan gangguan dalam proses menghafal. Saya pribadi sangat berharap kita semua para mahsiswa khususnya semoga kami dapat menghafal dan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam Al-qur’an, semoga para mahasiswa lebih semangat dalam menghafal dan lebih disiplin untuk berakat dalam mata kuliah takhfidzul Qur’an , amiin yaa robbal ‘alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar