TAKHFIDZ AL-QUR’AN
Makalah ini disusun guna memenuhi
tugas Mata kuliah takhfidzul Qur’an yang diampu oleh bpk.Ma’sum
Oleh:
Affanoer
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
(FITK)
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2012
BAB 1
PENDAHULUAN
AL-QUR’AN adalah wahyu ALLAH yang
wajib kita pelajari dan kita amalkan sebagai pedoman dalam hidup sehari-hari,
barang siapa yang membaca , mempelajari dan mengamalkan AL-QUR’AN maka allah
akan memberikan pahala yang besar. Rasululloh pun pernah bersabda: barang siapa
yang mahir dalam membaca Alqur’an maka nanti akan berkumpul bersama para
malaikat yang mulia lagi taat , sedangkan orang yang kesulitan dan berat
membaca AL-QUR’AN maka dia mendapat dua pahala
Maka dari
itu mata kuliah takhfidzul Qur’an yang ada di UNSIQ sangat baik dan salah satu
mata kuliah yang membedakan antara UNSIQ dengan universitas lain yang ada di
Jawa Tengah khususnya, meskipun bayak mahasiswa yang takut dengan Mata kuliah
takhfidzul Qur’an namun mata kuliah ini juga membawa pahala tersendiri , dalam
makalah ini saya akan membahas tentang permasalahan yang dihasapi dalam
menghafal al-qur’an beserta solusinya .
BAB 11
PEMBAHASAN
A.
STRATEGI UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN
a) Tujuan dan
motivasi menghafal AL-QUR’AN yang jelas
Apabila
kta mempunyai tujuan yang jelas dalam menghafal AL-QUR’AN maka kita akan
semangat dalam menghafal dan akan terus termotivasi oleh sesuatu yang menjadi
tujuan utama kita tentunya dalam hal yang positif yaitu untuk mencari ridho
ALLAH dihari yaumul Qiyamah, dan yang lainya adalah untuk menyenangkan hati
orang tua , jika kita mampu menghafal dan mengamalkan al-qur’an tentu orang tua
akan merasa bangga dan senang.
b) Memilih waktu
yang tepat
Waktu
yang tepat dalam menghafal al-qur’an adalah sebelum atau sesudah subuh .
c) Baca ayat yang
dihafal berulang-ulang sampai 20x
d) Merekam hafalan
sendiri sebagai penguat hafalan.
e) Mengulang-ulang
ayat yang sudah dihafal sebelum menambah hafalan.
f) Menggunakan satu
mushaf sebagai patokan hafalan.
g) Sering
mendengarkan murotal (sebagai penguat hafalan)
h) Pengulangan
secara keseluruhan (muroja’ah)
B.
GANGGUAN YANG DIHADAPI DALAM
MENGHAFAL AL-QUR’AN
Menghafal Al-quran bukan sesuatu hal
yang mudah kita jalankan butuh keseriusan dalam menjalankanya , banyak hal-hal
yang dihadapi dalam proses menghafal al-qur’an , apalagi kita sebagai mahasiswa
dimana kita sedang mengalami proses menuju masa kedewasaan yang di dalamnya
banyak sekali masalah-masalah yang menjadi kendala dalam menghafal Al-qur’an
antara lain adalah:
a. Melawan rasa
males
b. Kurangnya
motivasi dari orang-orang terdekat
c. Apabila sedang
mempunya masalah pribadi misalnya dengan pacar, teman dll yang akibatnya
membawa dampak negatif dalam diri kita
d. Belum mempunyai
niatan yang tulus untuk menghafal dan kadang masih terpengaruh oleh gaya dunia
zaman sekarang
e. Kadang gampang
menyerah
f. Kadang suasana
tempat tidak mendukung
g. Masih
mementingkan pekerjaan lain .
C.
ADAB MEMBACA ALQUR’AN
Agar mempermudah hafalan maka ada beberapa
adab yang dijalankan sesuai dengan syari’at yang berlaku, antara lain:
a. Dalam keadaan
suci (wudzu)
b. Ambil dengan
tangan kanan dan angkat dengan kedua tangan
c. Dibaca ditempat
suci (bersih)
d. Menghadap kiblat
e. Khusyu” dan
tenang
f. Memakai pakaian
yang pantas dan menutup aurat
g. Memulai dengan
ta’awudz dan basmalah
h. Perhatikan tanda
wakaf dan kaidah baca lainya.
i.
Penuh perhatian
D. SOLUSI DAN
HARAPAN UNTUK MATA KULIAH TAKHFIDZUL QUR’AN SEMESTER MENDATANG
Mata kulaih tahfidz adalah salah satu mata kuliah yang banyak disegani
para mahasiswa namun juga menjadi mata kuliah yang menakutkan bagi sebagian
mahasiswa.
Setiap mahasiswa di UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN Mempunyai latar belakang
dan kemampuan yang berbeda-beda, ada yang suah mahir dalam membaca, membaca
bahkan menghafalkan kaeran mereka sudah mempunyai bekal dari pendidikan sebelum
mereka masuk UNSIQ sehingga mereka sama sekali tidak merasa kesusahan dalam
menghafal karena mungkin dilingkungan keluarga sudah diajarkan sejak dini, maka
ketika dihadapkan dengan mata kuliah ini mereka malah merasa senang krena
otomatis akan mendapatkan nilai yang tinggi dalam mata kuliah ini,
Namun sebaliknya, banyak mahasiswa yang sangat merasa kesulitan dalam
mata kuliah ini bahkan menjadi suatu beban tersendiri buat mereka karena mereka
tidak terbiasa, bahkan ada beberapa mahasiswa yang terus mengeluh dan takut
masuk kuliah jika ada mata kuliah takhfidzul Qur’an,
Menurut saya pribadi
bpk. Ma’sum sudah sangat baik dan bijaksana dalam mengampu mata kuliah ini ,
tapi menurut saya ssistem disemester 3 kuranmg , karena menjadikan mahasiswa
kurang disiplin dalam berpaakaian dan dalam kehadiran dikelas. Sebainya sistem
dan kontrak belajar seperti pada waktu disemester 1 dan semester 2.
PENUTUP
Mata kuliah
takhfidzul Qur’an sangat mendukung para Mahasiswa agar dapat mahir dalam
menghafal ayat-ayat Al-Qur’an meski banyak rintangan dan gangguan dalam proses
menghafal. Saya pribadi sangat berharap kita semua para mahsiswa khususnya
semoga kami dapat menghafal dan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam
Al-qur’an, semoga para mahasiswa lebih semangat dalam menghafal dan lebih
disiplin untuk berakat dalam mata kuliah takhfidzul Qur’an , amiin yaa robbal
‘alamiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar