SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Madrasah :
……………………
Mata Pelajaran :
Akidah-Akhlak
Kelas/Semester :
II (dua)/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami kalimat
thayyibah (hamdalah), dan Al-Asma Al-Husna (Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan
Asy Syakur)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausah-aan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(Hamdalah)
|
§
Arti hamdalah
§
Penggunaan kalimat hamdalah
§
Keistimewaan kalimat hamdalah
§
Penggunaan kalimat hamdalah
|
· Religius.
· Jujur.
· Toleransi.
· Disiplin,
· Kerja
keras,
· Kreatif,
· Demokratif
,
· Rasa
Ingin tahu.
· Gemar
membaca, Peduli
· lingkungan,
Peduli sosial,
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani
mengambil resiko,
· Percaya
diri,
· Keorisinilan,
· Berorientasi
ke masa depan
|
· Mengartikan
kalimat hamdalah melalui lagu hamdalah
· Mengamati
pemodelan penggunaan kalimat hamdalah
· Membahas keistimewaan mengucapkan kalimat hamdalah melalui ceramah interaktif
· Mengerjakan
LKS
· Membahas
penggunaan kalimat hamdalah melalui kerja berpasangan
· Mengajak siswa untuk terbiasa
mengucapkan hamdalah setelah melakukan sesuatu
|
§ Mengartikan kaimat hamdalah
§
Menyebutkan penggunaan kalimat
hamdalah
§
Menjelaskan keistimewaan
mengucapkan kalimat hamdalah
§
Terbiasa mengucapkan hamdalah
setelah melakukan sesuatu
|
Jenis :
Tes
Non tes
Bentuk :
Isian
Uraian
Obyektif
Unjuk kerja
|
4 jam
|
Buku paket
Lagu hamdalah
LKS
Hasil kerja siswa
|
1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam Asma Al Husna (Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy
Syakur)
|
§
Lafal Ar Rozak, Al Mughniy, Al
Hamid dan Asy Syakur
§
Arti Ar Rozak, Al Mughniy, Al
Hamid dan Asy Syakur
|
· Religius.
· Jujur.
· Toleransi.
· Disiplin,
· Kerja
keras,
· Kreatif,
· Demokratif
,
· Rasa
Ingin tahu.
· Gemar
membaca, Peduli
· lingkungan,
Peduli sosial,
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani
mengambil resiko,
· Percaya
diri,
· Keorisinilan,
· Berorientasi
ke masa depan
|
· Membaca
referensi tentang sifat Allah
· Mengucapkan
kembali dengan menirukan lafal Ar Rozak, Al Mughniy,
Al Hamid dan Asy Syakur
· Tanya
jawab
· Kerja
berpasangan memberi arti dan menghafal Ar Rozak, Al Mughniy,
Al Hamid dan Asy Syakur
· Bermain
dengan kartu Al Asma Al Khusna
· Membahas
dengan memberikan contoh tentang wujud Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur melalui hasil
Ciptaan-Nya
· Mengerjakan
LKS
|
§
Melafalkan 4 Al-Asma Al-Husna
Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§
Mengartikan 4 Asma al Husna Ar
Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§
Menghafalkan 4 Asma al Husna Ar
Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§
Menunjukkan contoh sederhana
bahwa Allah memiliki sifat Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur melalui
hasil ciptaan-Nya
|
Jenis :
Tes
Non tes
Bentuk :
Isian
Uraian
Obyektif
|
4 jam
|
Buku paket
Kartu Al-Asma Al-Husna
Lingkungan sekitar
LKS
|
1.3 Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap Shalat 5
Waktu
|
§
Lagu dan tepuk tegakkan sholat
§
Ikrar anak sholeh
§ Bermain
kartu
§ Keutamaan
ibadah shalat
§ Fungsi
ibadah shalat
§ Balasan
bagi orang yang mendirikan shalat
§
Balasan bagi orang yang
meninggalkan ibadah shalat
|
· Religius.
· Jujur.
· Toleransi.
· Disiplin,
· Kerja
keras,
· Kreatif,
· Demokratif
,
· Rasa
Ingin tahu.
· Gemar
membaca, Peduli
· lingkungan,
Peduli sosial,
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani
mengambil resiko,
· Percaya
diri,
· Keorisinilan,
· Berorientasi
ke masa depan
|
· Mengenal
Allah terhadap sholat 5 waktu melalui tepuk dan lagu tegakkan sholat
· Bersama-sama
mengucapkan ikrar Anak Soleh
· Membahas keutamaan
ibadah sholat melalui ceramah
interaktif
· Membahas
fungsi ibadah sholat bersama tokoh agama
· Diskusi
kelompok tentang balasan bagi orang yang mendirikan sholat
· Diskusi
kelompok tentang balasan bagi orang yang meninggalkan ibadah sholat
· Presentasi
hasil kerja kelompok
· Mengerjakan
LKS
|
§
Menyebutkan nama-nama shalat
fardlu
§
Menjelaskan waktu sholat fardlu
§
Menyebutkan keutamaan ibadah
shalat
§
Menjelaskan Fungsi ibadah
shalat
§
Menyebutkan balasan bagi orang
yang mendirikan shalat
§
Menjelaskan balasan bagi orang
yang meninggalkan ibadah shalat
|
Jenis :
Tes tertulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk :
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
Lagu tegakkan Sholat.
Tokoh agama
Hasil kerja siswa
LKS
|
Standar Kompetensi : 2. Membiasakan
akhlak terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausah-aan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1.
Membiasakan bersikap syukur nikmat, hidup sederhana dan rendah hati
dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Pengertian
syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§ Contoh
syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§ Cirri-ciri orang yang Syukur nikmat, hidup sederhana, dan
rendah hati
§ Keuntungan
memiliki sifat Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§ Akibat
tidak memiliki sifat Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
|
· Religius.
· Jujur.
· Toleransi.
· Disiplin,
· Kerja
keras,
· Kreatif,
· Demokratif
,
· Rasa
Ingin tahu.
· Gemar
membaca, Peduli
· lingkungan,
Peduli sosial,
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani
mengambil resiko,
· Percaya
diri,
· Keorisinilan,
· Berorientasi
ke masa depan
|
· Membaca
referensi tentang sikap syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
· Bertanya
jawab tentang arti syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
· Mendata
perbuatan yang termasuk syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
· Bermain
dengan TTS
· Kerja
berpasangan membahas tentang ciri-ciri orang yang syukur nikmat, hidup sederhana,
rendah hati
· Kerja
berpasangan membahas tentang keuntungan memiliki sikap syukur nikmat, hidup
sederhana, rendah hati
· Presentasi
hasil kerja
· Membahas
tentang akibat tidak memiliki sikap rasa syukur nikmat, hidup sederhana,
rendah hati
· Mengerjakan
LKS
|
§
Menyebutkan pengertian syukur
nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§
Menyebutkan contoh syukur
nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§
Menyebutkan cirri-ciri orang yang Syukur nikmat, hidup sederhana,
dan rendah hati
§
Menjelaskan keuntungan memiliki
sifat syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§
Menjelaskan akibat tidak
memiliki sifat syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
|
Jenis :
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk :
Isian
Uraian
Obyektif
|
6 jam
|
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
|
2.2.
Membiasakanberakhlak baik ketika berpakaian,
makan-minum dan bersin dalam kehidupan sehari-hari.
|
§
Adab ketika berpakaian
§
Do’a ketika akan berpakaian
§
Do’a ketika melepas pakaian
§
Adab ketika makan-minum
§
Do’a ketika akan makan-minum
§ Do’a
ketika selesai makan-minum
§
Adab ketika bersin
§ Do’a
ketika ketika bersin
§ Manfaat
berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
§
Akibat tidak beradab secaa
Islami ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
|
· Religius.
· Jujur.
· Toleransi.
· Disiplin,
· Kerja
keras,
· Kreatif,
· Demokratif
,
· Rasa
Ingin tahu.
· Gemar
membaca, Peduli
· lingkungan,
Peduli sosial,
· Tanggung jawab
|
· Berorientasi
tugas dan hasil
· Berani
mengambil resiko,
· Percaya
diri,
· Keorisinilan,
· Berorientasi
ke masa depan
|
· Membaca
referensi tentang akhlak baik berpakaian, makan minum dan bersin dalam
kehidupan sehari-hari
· Mengamati
pemodelan adab berpakaian, makan minum dan bersin
· Menghafalkan
doa memakai dan melepas pakaian, doa sebelum dan sesudah makan, doa ketika
bersin
· Kerja
berpasangan membahas tentang manfaat berakhlak baik ketika berpakaian, makan
minum, bersin
· Bermain
dengan TTS
· Membahas
bersama tentang akibat tidak beradab secara islami ketika berpakaian, makan
minum, bersin
· Mengerjakan
LKS
|
§
Menyebutkan adab ketika
berpakaian
§
Menyebutkan adab ketika
makan-minum
§
Menyebutkan adab ketika bersin
§
Menyebutkan do’a ketika memakai
pakaian
§
Menyebutkan do’a ketika melepas
pakaian
§
Menjelaskan adab makan-minum
§
Menyebutkan do’a sebelum dan
sesudah makan-minum
§
Menjelaskan berakhlak baik
ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
§
Menjelaskan akibat tidak
berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
§
Menyebutkan bacaan ketika
bersin
§
Menyebutkan bacaan ketika
mendengar orang bersin
|
Jenis :
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk :
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar