INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Jumat, 27 April 2012

SILABUS PEMBELAJARAN


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Madrasah               : ……………………
Mata Pelajaran                : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester                 : II (dua)/ 1

Standar Kompetensi  : 1. Memahami kalimat thayyibah (hamdalah), dan Al-Asma Al-Husna (Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausah-aan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Hamdalah)
§  Arti hamdalah
§  Penggunaan kalimat hamdalah
§  Keistimewaan kalimat hamdalah
§  Penggunaan kalimat hamdalah
·     Religius.
·     Jujur.
·     Toleransi.
·     Disiplin,
·     Kerja keras,
·     Kreatif,
·     Demokratif ,
·     Rasa Ingin tahu.
·     Gemar membaca, Peduli
·     lingkungan, Peduli sosial,
·      Tanggung jawab
·     Berorientasi tugas dan hasil
·     Berani mengambil resiko,
·     Percaya diri,
·     Keorisinilan, 
·     Berorientasi ke masa depan
·  Mengartikan kalimat hamdalah melalui lagu hamdalah
·  Mengamati pemodelan penggunaan kalimat hamdalah
·  Membahas keistimewaan mengucapkan kalimat hamdalah melalui ceramah interaktif
·  Mengerjakan LKS
·  Membahas penggunaan kalimat hamdalah melalui kerja berpasangan
·  Mengajak siswa untuk terbiasa mengucapkan hamdalah setelah melakukan sesuatu

§  Mengartikan kaimat hamdalah
§  Menyebutkan penggunaan kalimat hamdalah
§  Menjelaskan keistimewaan mengucapkan kalimat hamdalah
§  Terbiasa mengucapkan hamdalah setelah melakukan sesuatu
Jenis :
Tes
Non tes

Bentuk :
Isian
Uraian
Obyektif
Unjuk kerja
4 jam
Buku paket
Lagu hamdalah
LKS
Hasil kerja siswa

1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma Al Husna (Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur)
§  Lafal Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Arti Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur

·     Religius.
·     Jujur.
·     Toleransi.
·     Disiplin,
·     Kerja keras,
·     Kreatif,
·     Demokratif ,
·     Rasa Ingin tahu.
·     Gemar membaca, Peduli
·     lingkungan, Peduli sosial,
·      Tanggung jawab
·     Berorientasi tugas dan hasil
·     Berani mengambil resiko,
·     Percaya diri,
·     Keorisinilan, 
·     Berorientasi ke masa depan
· Membaca referensi tentang sifat Allah
· Mengucapkan kembali dengan menirukan lafal Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
· Tanya jawab
· Kerja berpasangan memberi arti dan menghafal Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
· Bermain dengan kartu Al Asma Al Khusna
· Membahas dengan memberikan contoh tentang wujud Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur melalui hasil Ciptaan-Nya
· Mengerjakan LKS
§  Melafalkan 4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Mengartikan 4 Asma al Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Menghafalkan 4 Asma al Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur melalui hasil ciptaan-Nya
Jenis :
Tes
Non tes

Bentuk :
Isian
Uraian
Obyektif
4 jam
Buku paket
Kartu Al-Asma Al-Husna
Lingkungan sekitar
LKS
1.3 Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap Shalat 5 Waktu
§  Lagu dan tepuk tegakkan sholat
§  Ikrar anak sholeh
§  Bermain kartu
§  Keutamaan ibadah shalat
§  Fungsi ibadah shalat
§  Balasan bagi orang yang mendirikan shalat
§  Balasan bagi orang yang meninggalkan ibadah shalat
·     Religius.
·     Jujur.
·     Toleransi.
·     Disiplin,
·     Kerja keras,
·     Kreatif,
·     Demokratif ,
·     Rasa Ingin tahu.
·     Gemar membaca, Peduli
·     lingkungan, Peduli sosial,
·      Tanggung jawab
·     Berorientasi tugas dan hasil
·     Berani mengambil resiko,
·     Percaya diri,
·     Keorisinilan, 
·     Berorientasi ke masa depan
· Mengenal Allah terhadap sholat 5 waktu melalui tepuk dan lagu tegakkan sholat
· Bersama-sama mengucapkan ikrar Anak Soleh
· Membahas  keutamaan ibadah sholat melalui ceramah interaktif
· Membahas fungsi ibadah sholat bersama tokoh agama
· Diskusi kelompok tentang balasan bagi orang yang mendirikan sholat
· Diskusi kelompok tentang balasan bagi orang yang meninggalkan ibadah sholat
· Presentasi hasil kerja kelompok
· Mengerjakan LKS
§  Menyebutkan nama-nama shalat fardlu
§  Menjelaskan waktu sholat fardlu
§  Menyebutkan keutamaan ibadah shalat
§  Menjelaskan Fungsi ibadah shalat
§  Menyebutkan balasan bagi orang yang mendirikan shalat
§  Menjelaskan balasan bagi orang yang meninggalkan ibadah shalat
 Jenis :
Tes tertulis
 Tes lisan
Non tes

Bentuk :
Isian
Uraian
Performance
6 jam
Buku paket
Lagu tegakkan Sholat.
Tokoh agama
Hasil kerja siswa
LKS


Standar Kompetensi  : 2. Membiasakan akhlak terpuji

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausah-aan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1. Membiasakan bersikap syukur nikmat, hidup sederhana dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari. 
§  Pengertian syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Contoh syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Cirri-ciri  orang yang Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Keuntungan memiliki sifat Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Akibat tidak memiliki sifat Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati

·     Religius.
·     Jujur.
·     Toleransi.
·     Disiplin,
·     Kerja keras,
·     Kreatif,
·     Demokratif ,
·     Rasa Ingin tahu.
·     Gemar membaca, Peduli
·     lingkungan, Peduli sosial,
·      Tanggung jawab
·     Berorientasi tugas dan hasil
·     Berani mengambil resiko,
·     Percaya diri,
·     Keorisinilan, 
·     Berorientasi ke masa depan
·  Membaca referensi tentang sikap syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
·  Bertanya jawab tentang arti syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
·  Mendata perbuatan yang termasuk syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
·  Bermain dengan TTS
·  Kerja berpasangan membahas tentang ciri-ciri orang yang syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
·  Kerja berpasangan membahas tentang keuntungan memiliki sikap syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
·  Presentasi hasil kerja
·  Membahas tentang akibat tidak memiliki sikap rasa syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati
·  Mengerjakan LKS
§  Menyebutkan pengertian syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Menyebutkan contoh syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Menyebutkan cirri-ciri  orang yang Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Menjelaskan keuntungan memiliki sifat syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Menjelaskan akibat tidak memiliki sifat syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati

Jenis :
Tes tulis
Tes lisan
Non tes

Bentuk :
Isian
Uraian
Obyektif
6 jam
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
2.2.   Membiasakanberakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum dan bersin dalam kehidupan sehari-hari.
§  Adab ketika berpakaian
§  Do’a ketika akan berpakaian
§  Do’a ketika melepas pakaian
§  Adab ketika makan-minum
§  Do’a ketika akan makan-minum
§  Do’a ketika selesai makan-minum
§  Adab ketika bersin
§  Do’a ketika ketika bersin
§  Manfaat berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
§  Akibat tidak beradab secaa Islami ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
·     Religius.
·     Jujur.
·     Toleransi.
·     Disiplin,
·     Kerja keras,
·     Kreatif,
·     Demokratif ,
·     Rasa Ingin tahu.
·     Gemar membaca, Peduli
·     lingkungan, Peduli sosial,
·      Tanggung jawab
·     Berorientasi tugas dan hasil
·     Berani mengambil resiko,
·     Percaya diri,
·     Keorisinilan, 
·     Berorientasi ke masa depan
·   Membaca referensi tentang akhlak baik berpakaian, makan minum dan bersin dalam kehidupan sehari-hari
·   Mengamati pemodelan adab berpakaian, makan minum dan bersin
·   Menghafalkan doa memakai dan melepas pakaian, doa sebelum dan sesudah makan, doa ketika bersin
·   Kerja berpasangan membahas tentang manfaat berakhlak baik ketika berpakaian, makan minum, bersin
·   Bermain dengan TTS
·   Membahas bersama tentang akibat tidak beradab secara islami ketika berpakaian, makan minum, bersin
·   Mengerjakan LKS
§  Menyebutkan adab ketika berpakaian
§  Menyebutkan adab ketika makan-minum
§  Menyebutkan adab ketika bersin
§  Menyebutkan do’a ketika memakai pakaian
§  Menyebutkan do’a ketika melepas pakaian
§  Menjelaskan adab makan-minum
§  Menyebutkan do’a sebelum dan sesudah makan-minum
§  Menjelaskan berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
§  Menjelaskan akibat tidak berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum dan bersin
§  Menyebutkan bacaan ketika bersin
§  Menyebutkan bacaan ketika mendengar orang bersin
Jenis :
Tes tulis
Tes lisan
Non tes

Bentuk :
Isian
Uraian
Performance
6 jam
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar