INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Sabtu, 07 April 2012

Malaikat JIn dan Saiton












 Malaikat JIn dan Saiton
BAB 1
PENDAHULUAN
Al-Qur’an adalah firman ALLAH swt, yang menjadi petunjuk bagi umat maanusia. Al-Qur’an adalah bacaan mulia, maha pemurah ALLAH yang mengajarkan Al-Qur’an. Dia menciptakan manusia dia mengajarkan kepadanya berbicara. 
            ALLAH yang meninggikan langit tanpa tiang seperti yang kitalihat ia menundukan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan ) yang mempunyai sayap masing-masing (ada yang) dua,tiga dan empat. Allah menambahkan penciptaan apa yang dikehendaki-Nya.
            Dunia sesuai dengan namanya adalah suatu dimensi alam yang sangat dekat ,fana dan sementara. Tidak satupun makhluk yang akan menjadi penghuni abadi di dalamnya semua akan binasa tiada yang akan tersisa manusia, jin dan syetan semuanya dan seluruh penghuni dunia akan melangkah serempak menuju satu titik pusaran batas.
            Dalam makalah ini kami akan menguraikan korelasi antara Al-Qur’an, malaikat ,jin dan syetan, semoga bermanfaat bagi mahasiswa semua.










BAB 11
PEMBAHASAN
A.    Malaikat dalam Al-Qur’an
a.     Konsep malaikat
Persepsi mengenai eksistensi malaikat sampai saat ini belum begitu jelas , meski fisiknya tidak bisa dilihat dengan pancaindra kita, barangkali hanya bisa yakin dan mengakui keberadaan malaikat, kalau tidak ada keyakinan dalam hati untuk mempercayai keberadaannya, tentu kita sulit untuk mengakui keberadaanya. Malaikat adalah makhluk tuhan yang sangat patuh , tidak pernah mendurhakai dan menolak setiap urusan-Nya. Ia sengaja diciptakan sebagai wakil dalam mengatur alam semesta , yang tunduk,taatdan patuh layaknya gugusan bintang dan planet.
            Percaya pada malaikat adalah satu ajaran islam yang masuk dalam rangkaian rukun iman , tidak sah keyakinan seorang bila tidak percaya pada eksistensinya, dalam hal ini setidaknya ada dua hal yang harus diyakini , pertama yakin akan adanya malaikat karena mereka juga sdalah satu makhluk tuhan,bukan sebuah ilusi dan tidak menyatu pada diri manusia sebagai mana ruh, kedua percaya bahwa mereka adalah hamba taat ,patuh dan tunduk , seperti yang difirmankan allah dalam (QS AN-Nisa [4]: 136)





Artinya: wahai orang-orang yang beriman ,tetaplah beriman kepada allah dan rasulnya, dan kepada kitab Allah yang diturunkan kepada rasulnyaserta kitab Allah yang diturunkan sebelumnya.barang siapa yang kafirkepada Allah,Malaikat-malaikatnya,kitab-kitabnya, rasul-rasulnya, dan hari kemudian , sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.







b.     Tugas-Tugas Malaikat
1.     Informan risalah
Salah satu tugas yang diemban para malaikat adalah menyampaikan wahyu risalah tuhan kepada nabi dan Rasul. Pengirim berita ini dikenal dengan nama jibril.
Wahyu berarti pemberitahuan yang bersifat rahasia dan cepatbagi orang yang menerimanya
2.     Yang mencatat dan menulis
Malaikat juga mencatat dan menulis perbuatan baik dan buruk manusia , tiada suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada dikekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir , malaikat pencatat amal buruk yaitu malaikat atid dan yang mencatat amal baika adalah raqib.
3.     Yang memelihara alam semesta
Allah bersumpah dengan nama langit dan bintang yang cahayanya menembus kegelapan malam yang pekat, bahwa tidak ada satupun manusia yang lepas dari genggamanya.
4.     Sang pencabut nyawa
Ada malaikat yang disebut malaikat pencabut nyawa bernama izra’il, nama ini tidak pernah disebutkan dalam Al-qur’an dan khadits secara konkret , namun ada isyarat yang menyatakan malaikat ini pasti ada.
5.     Yang menjaga surga dan neraka
Ada lagi malaikat yang disebut dalam AL-qur’an yaitu malaikat malik sang penjaga neraka, dan malaikat ridwan sbagai penjaga syurga.
6.     Yang meniup sangkakala
Peniupan sangkakala adalah sebagai tanda hari kiamat , dalam AL-qur’an tidak pernah disebutkan nama israfil sebagai peniup sangkakala kecuali hanya isyarat datangnya kiamat dan hari kebangkitan.
c.      Tujuan penciptaan malaikat
Tujuan penciptaan malaikat adalah untuk melaksanakan titah tuhan di atas muka bumi ini . apa yang dilakukan malaikat adalah sebuah ketulusan dan kesucian untuk mengabdikan diri sepenuhnya kepada tuhan. Bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu tujuan kenapa allah menciptakan malaikat , malaikat adalah bagaikan bunga melati yang sedang mekar ditaman rumah , keharuman dan kesejukanya dapat dirasakan manusia yang memandangnya sepanjang mekarnya , orang yang memandangnya pasti kagum dan takjub , tentu ia akan memuji dan menanyakan siapa gerangan pemiliknya, bagi orang yang beriman , pemilik bunga indah ini tiada lain adalah ALLAH swt yang menguasai seluruh kerajaan langit dan bumi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar