MotoGP 2010 : Summary MotoGP Qatar 2010
affannur jentrek rojoimoJelang MotoGP Qatar
Berbekal motor baru dan kondisi tubuh oke, Valentino Rossi, sang juara dunia sembilan kali, menyambut MotoGP Qatar dengan antusias sekaligus mengantisipasi persaingan sengit dari para pembalap tangguh lainnya. The Doctor bertekad meruntuhkan kutukan seri pembuka yang tak pernah dimenanginya sejak empat musim terakhir.
Rekan setimnya di FIAT Yamaha sekaligus runner-up musim lalu, Jorge Lorenzo, setiap hari menjalani terapi selama 90 menit di Barcelona demi mempercepat proses pemulihan cedera pada tangannya. Lorenzo berharap cedera itu takkan mengganggu performanya untuk membalap di Sirkuit Losail, lintasan yang menghadiahkannya podium pertama pada musim 2008.
Yamaha merestui kompetisi internal yang terjadi antara Rossi dan Lorenzo dengan memutuskan di musim ini kedua kubu tidak akan saling berbagi data lagi.
Merasa belum sreg dengan handling RC212V, Dani Pedrosa berharap Honda mampu membenahi performa motor sebelum seri perdana digelar.
Meski Losail bukan lintasan favoritnya, Casey Stoner yang selalu mencatat hasil gemilang di sirkuit ini sejak 2007, berniat membukukan quattrick. Meski seandainya mampu melakukannya, Stoner tak ingin tenggelam dalam euphoria karena baginya musim baru menunjukkan bentuknya pada balapan ketiga atau keempat.
Usai menuai hasil mengecewakan pada musim lalu, rekan setimnya di Ducati, Nicky Hayden menargetkan peningkatan performa pada 2010. Juara dunia 2006 yang berjuluk Kentucky Kid itu merasa lebih percaya diri setelah meraih posisi kelima pada tes di Losail tiga pekan sebelumnya serta mendapat setting yang pas untuk Desmosedici GP10.
Sehubungan dengan balapan ke-300, Loris Capirossi, pembalap veteran asal Italia, akan menorehkan sejarah di Losail. Pencapaiannya ini kontras dengan rekan setimnya di Suzuki, Alvaro Bautista, yang baru akan memulai debut perdananya di MotoGP.
Setelah berbulan-bulan melakukan persiapan dan pengujian, Hector Barbera menyambut dengan antusias balapan pertamanya untuk Páginas Amarillas Aspar Racing Team.
Datang dengan mengusung status juara dunia Superbike, Ben Spies langsung menjadi pusat perhatian. Namun menyadari statusnya sebagai rookie, ia hanya menanggapi dengan realistis.
Sejumlah insiden yang terjadi di Turn 2 pada sesi pengujian terakhir di Losail yang diakibatkan oleh tingginya kelembaban lintasan pada malam hari membuat Dorna sebagai pihak penyelenggara MotoGP, akan menelaah kembali waktu balapan.
Related posts :
- Tekad dan Harapan Lorenzo di Losail
- Rossi Antisipasi Duel yang Lebih Sengit
- Rossi Versus ‘Kutukan’ Seri Pembuka
- Pedrosa Tunggu Honda Benahi Performa RC212V
- Balapan ke-300 Capirossi
- Tinggal Empat Hari, Hayden Belum 100%
- Stoner Incar Quattrick di Losail
- Antusiasme Barbera Si Debutan
- Waktu Balapan Mungkin Dimajukan
- Stoner : Seri Pertama Tak Signifikan
- Hadapi Dilema, Yamaha Bahagia
- Hayden Targetkan Awal yang Baik
- Dijagokan, Spies Memilih Realistis
- Lorenzo Tergantung Tangan Kanannya
Meski tampil dominan pada sesi latihan bebas pertama, Casey Stoner tak mau lekas puas dan tetap berbenah agar benar-benar siap saat balapan.
Sempat crash pada akhir sesi, Jorge Lorenzo berhasil menempati posisi kedua. Ia merasa nyaman di atas motor dan jempolnya sudah tak sakit lagi.
Menduduki peringkat ketiga, Valentino Rossi merasa tak puas dengan performa motornya. Ia menegaskan membutuhkan grip (cengkeraman) yang lebih kuat agar tidak terlalu sering tergelincir.
Hasil Free Practice I MotoGP Qatar :
- Casey STONER Ducati Marlboro Team 317.7 1′55.500
- Jorge LORENZO Fiat Yamaha Team 314.3 1′56.026
- Valentino ROSSI Fiat Yamaha Team 315.2 1′56.028
- Andrea DOVIZIOSO Repsol Honda Team 319.1 1′56.698
- Nicky HAYDEN Ducati Marlboro Team 315.1 1′56.793
- Ben SPIES Monster Yamaha Tech 3 312.9 1′56.818
- Alvaro BAUTISTA Rizla Suzuki MotoGP 315.2 1′56.998
- Randy DE PUNIET LCR Honda MotoGP 311.8 1′57.031
- Mika KALLIO Pramac Racing Team 318.6 1′57.059
- Hector BARBERA Paginas Amarillas Aspar Ducati 318.2 1′57.105
- Dani PEDROSA Repsol Honda Team 317.3 1′57.133
- Colin EDWARDS Monster Yamaha Tech 3 311.3 1′57.167
- Loris CAPIROSSI Rizla Suzuki MotoGP 317.2 1′57.363
- Marco SIMONCELLI San Carlo Honda Gresini 312.5 1′57.535
- Aleix ESPARGARO Pramac Racing Team 314.2 1′57.605
- Marco MELANDRI San Carlo Honda Gresini 316.4 1′58.035
- Hiroshi AOYAMA Interwetten Honda MotoGP 316.6 1′58.082
- Stoner Memimpin, Lorenzo dan Rossi Menguntit
- Stoner Tak Lekas Berpuas Diri
- Jempol Lorenzo Tak Sakit Lagi
- Rossi Belum Puas Performa Motornya
Casey Stoner kembali memperlihatkan penampilan yang menjanjikan dengan menguasai sesi latihan bebas kedua, mengalahkan Valentino Rossi.
Kejutan kecil ditunjukkan oleh Randy de Puniet dari tim LCR Honda dengan tampil sebagai yang tercepat ketiga.
Hasil Free Practice II MotoGP Qatar :
- Casey Stoner Ducati 1m 55.501s
- Valentino Rossi Yamaha 1m55.841s +0.340
- Randy de Puniet LCR Honda 1m 56.350s +0.849
- Andrea Dovizioso Honda 1m 56.569s +1.068
- Jorge Lorenzo Yamaha 1m56.646s +1.145
- Mika Kallio Pramac Ducati 1m 56.664s +1.163
- Ben Spies Tech 3 Yamaha 1m 56.678s +1.177
- Loris Capirossi Suzuki 1m56.713s +1.212
- Dani Pedrosa Honda 1m 56.736s +1.235
- Colin Edwards Tech 3 Yamaha 1m 56.776s +1.275
- Nicky Hayden Ducati 1m56.786s +1.285
- Marco Simoncelli Gresini Honda 1m 56.796s +1.295
- Alvaro Bautista Suzuki 1m 56.972s +1.471
- Aleix Espargaro Pramac Ducati 1m 57.024s +1.523
- Hector Barbera Aspar Ducati 1m 57.272s +1.771
- Hiroshi Aoyama Interwetten Honda 1m 57.371s +1.870
- Marco Melandri Gresini Honda 1m 57.513s +2.012
Setelah mendominasi dua sesi latihan bebas, Casey Stoner menutup hari Sabtu dengan merebut pole position. Awal yang sempurna ini merupakan pertanda bahwa ia memiliki kans lebih baik untuk menjadi juara dibanding dua musim terakhir.
Valentino Rossi yang menempati posisi kedua, merasa yakin dengan sedikit memperbaiki setting motor, ia akan bisa menempel Stoner pada balapan.
Cedera tangan kanannya sudah membaik tetapi masalah setting motor, terutama pada ban belakang membuat Jorge Lorenzo hanya meraih tempat start ketiga.
Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar :
- Casey Stoner (Ducati) 1:55,007
- Valentino Rossi (Yamaha) 1:55,362
- Jorge Lorenzo (Yamaha) 1:55,520
- Randy de Puniet (LCR Honda) 1:55,831
- Loris Capirossi (Rizla Suzuki) 1:55,899
- Andrea Dovizioso (Repsol Honda) 1:55,963
- Dani Pedrosa (Repsol Honda) 1:55,990
- Colin Edwards (Monster Yamaha Tech 3) 1:56,005
- Nicky Hayden (Ducati) 1:56,163
- Hiroshi Aoyama (Interwetten Honda) 1:56,227
- Ben Spies (Monster Yamaha Tech 3) 1:56,271
- Mika Kallio (Pramac Racing) 1:56,283
- Alvaro Bautista (Rizla Suzuki) 1:56,450
- Aleix Espargaro (Pramac Racing) 1:56,283
- Marco Simoncelli (San Carlo Honda Gresini) 1:56,957
- Hector Barbera (Paginas Amarillas) 1:57,130
- Marco Melandri (San Carlo Honda Gresini) 1:57,325
- Ungguli Rossi, Stoner Pole Position
- Stoner : Pole Pertama Awal yang Sempurna
- Rossi Yakin Bisa Kejar Stoner
- Masalah Lorenzo Bukan Cedera Tapi Motor
Valentino Rossi memulai musim 2010 dengan positif setelah berhasil meruntuhkan kutukan seri pembuka dan memenangi MotoGP Qatar pada Senin (12/4/2010) dini hari WIB. Meski demikian, ia mengeluhkan kecepatan motornya yang kalah sampai 10 km/jam.
Sebenarnya Jorge Lorenzo ingin ‘bermain aman’ tetapi karena adrenalin menggelegak, ia mengambil beberapa risiko (melewati Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso) sehingga terbayar dengan menjadi runner-up.
Meski Yamaha meraih hasil positif, bos tim, Davide Brivio, mengatakan bahwa Yamaha masih memiliki kekurangan dalam hal power.
Casey Stoner yang tampil gemilang selama akhir pekan, gagal mencetak quattrick karena terjatuh pada lap kelima dan tidak mampu meneruskan balapan. Salah mengambil keputusan untuk tidak memforsir motor yang bagian depannya bermasalah di tikungan panjang, ia meminta maaf kepada tim Ducati karena pulang dengan tangan kosong, tanpa satupun poin.
Andrea Dovizioso sendiri tampil mengesankan dengan menyalip Rossi dan sempat memimpin balapan walau hanya sesaat. Kebahagiaannya tak berkurang kendati akhirnya hanya finish ketiga.
Nicky Hayden gagal naik podium ketiga karena kalah tipis sekitar 0,011 detik dari Andrea Dovizioso. Meski demikian, ia sangat senang karena capaian itu merupakan performa terbaiknya sejak bergabung dengan Ducati, terlebih mengingat rekan setimnya gagal mendulang angka.
Seri MotoGP Qatar 2010 mencatatkan sebuah rekor baru. Empat pembalap di posisi terdepan finish dengan selisih waktu paling ketat (1,876 detik) sepanjang sejarah 800cc sejak 2007.
Dani Pedrosa sempat mencuri perhatian ketika start dengan melesat ke tempat terdepan dari posisi ketujuh. Sayangnya, selama lomba performanya menurun sehingga ia harus puas menempati peringkat ketujuh.
Loris Capirossi merayakan balapan ke-300 dengan mengganti nomor motornya dari 65 ke 300 serta menambah warna emas di helmnya. Namun pembalap berjuluk Capirex itu terpaksa kecewa karena balapan bersejarahnya berakhir dengan posisi sembilan, hasil yang di bawah standarnya.
Hiroshi Aoyama dari Interwetten Honda menjadi rookie yang sukses masuk dalam sepuluh besar. Hasil ini cukup baik dibandingkan tes pra-musim dan prestasinya selama dua sesi latihan bebas yang di luar posisi 15 besar.
Abu Dhabi bisa jadi tidak ingin ketinggalan dari negara tetangganya, Qatar, yang sukses menggelar kejuaraan balap motor kelas premier. Pembicaraan dengan pihak MotoGP sudah dilangsungkan dan kabarnya gelaran MotoGP di Sirkuit Yas Marina tinggal menunggu waktu saja.
Usai menarik diri dari F1, Bridgestone tertarik untuk menyuplai ban MotoGP. Namun Bridgestone belum berencana untuk melakukan kontrak jangka panjang.
Hasil MotoGP Qatar :
- Valentino Rossi Fiat Yamaha Team 42m 50.099s
- Jorge Lorenzo Fiat Yamaha Team 42m 51.121s
- Andrea Dovizioso Repsol Honda Team 42m 51.964s
- Nicky Hayden Ducati Marlboro Team 42m 51.975s
- Ben Spies Monster Yamaha Tech 3 42m 54.002s
- Randy de Puniet LCR Honda MotoGP 42m 59.421s
- Dani Pedrosa Repsol Honda Team 43m 6.607s
- Colin Edwards Monster Yamaha Tech 3 43m 9.966s
- Loris Capirossi Rizla Suzuki MotoGP 43m 10.992s
- Hiroshi Aoyama Interwetten Honda MotoGP 43m 11.199s
- Marco Simoncelli San Carlo Honda Gresini 43m 21.737s
- Hector Barbera Paginas Amarillas Aspar 43m 22.672s
- Marco Melandri San Carlo Honda Gresini 43m 30.879s
- Alvaro Bautista Rizla Suzuki MotoGP
- Aleix Espargaro Pramac Racing
- Casey Stoner Ducati Marlboro Team
- Mika Kallio Pramac Racing
Related posts :
- Stoner Jatuh, Rossi Juara
- Awal Positif Rossi dan Yamaha
- Rossi Seperti Mendapat Emas
- Tak Jadi ‘Main Aman’, Lorenzo Finish Kedua
- Dovizioso Puas Awali Musim di Podium
- Stoner Minta Maaf ke Ducati
- Capirossi Kecewa di Balapan Istimewa
- Hasil Positif di Debut Aoyama
- Abu Dhabi Incar MotoGP
- Qatar Balapan Terbaik Hayden bagi Ducati
- Power Yamaha Masih Kurang
- Bridgestone Tertarik Terus di MotoGP
- Rossi : Yamaha Kalah Cepat
- Rekor Balapan Sengit di Qatar 2010
- Klasemen Sementara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar