BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Hampir tidak
ada orang yang benar-benar tidak percaya kepada tuhan. Yang ada adalah orang
yang percaya tuhan tidak menurut paham dan ajaran suatu agama. Mereka
sebenarnya bertuhan, tetapi mereka mempertuhankan sesuatu yang mereka tidak
sadari sebagai tuhan.
Ditengah
pesatnya perkembangan zaman saat ini, takhayul, khurafat maupun mitos masih
tetap mengakar kuat dalam masyarakat, terutama orang-orang yang hidup di
pedesaan. Masih ada beberapa takhayul, khurafat dan mitos yang masih dipercaya.
Takahayul, khurafat dan mitos merupakan kepercayaan yang hanya ada dalam
khayalan atau rekaan belaka, tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Dahulu kala,
masyarakat sangat kental dengan hal-hal yang berbau takhayul semacam ini.
Sepintas, takhayul yang berkembang di
masyarakat bisa berdampak negative terhadap akidah Islam. Ketika mitos telah
menjelma sebagai akidah yang diyakini, maka dapat menjeremuskan seseorang pada
kesyirikan; menggantungkan kesuksesan dan kegagalan sesuatu kepada selain
Allah. Dalam al-Qur`an dan Hadis menggantungkan adanya seuatu kepada selain
Allah disebut dengan istilah Tathayyur. Istilah ini muncul dari
kebiasaan masyarakat Arab Jahilyah. Ketika mereka hendak bepergian, mereka
menangkap burung, lalu dilepas terbang (tathayyur). Kalau terbang ke
arah kiri -menurut mitos mereka- akan ada hal buruk yang akan menimpa hingga
mereka urung bepergian
Islam datang
untuk membawa konsep tauhid, suatu keyakinan bahwa hanya ada satu tuhan dan
hanya Dialah satu-satunya Dzat yang menciptakan dan mengatur segala yang
terjadi.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah pengertian takhayul, khurofat dan mitos?
2.
Dalil tentang takhayul, khurafat, dan mitos?
3.
Bagaimana pandangan islam mengenai takhayul, khurofat dan
mitos?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian takhayul, khurofat dan mitos
1.
Pengertian takhayul
Takhayul
menurut bahasa, berasal dari kata khayal yang berati apa yang tergambar pada
seseorang mengenai suatu hal baik dalam keadaan sadar atau sedang bermimpi.
Dari segi istilah ada dua hal yang termasuk dalam kategori takhayul yaitu:
a.
Kekuatan ingatan yang terbentuk berdasarkan indrawi dengan
segala jenis lainya, seperti, pandangan, pendengaran, pancaroba, penciuman
setelah hilangnya sesuatu yang dapat diindra dari panca indra kita.
b.
Kekuatan ingatan lainya yang disandarkan pada gambar
indrawi, kemudian satu dari unsurnya menjadi sebuah gambar yang baru. Gambar
tersebut bisa jadi satu hal yang benar-benar terjadi, atau hal yang diluar
kebiasaan (kemustahilan). Seperti kisah seribu satu malam, Nyai roro kidul.
Takhayul
menjadikan seseorang menyembah pohon, batu atau benda keramat lainya, mereka
beralasan untuk mendekatkan diri kepada Allah karena benda tersebut memilki
kesaktian yang mampu menolak suatu bencana dan mampu mendatangkan kemaslahatan.
Jika demikian tauhid rububiyah dan tauhid ibadah seseorang akan keropos dan
hancur seperti firman Allah QS Az-zumar:3 yang artinya: ” kami tidak
menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan
sedekat-dekatnya”
Contoh tahayul:
a.
jika wanita hamil ngidam makanan tertentu tidak terpenuhi
kelak anak yang lahir akan ngeces
b.
wanita hamil tidak boleh melukai hewan kelak anak yang
dilahirkan akan bisa cacat
c.
kubur ari-ari didekat rumah supaya kelak anak akan ingat
dan setia kepada keluarga
2.
Pengertian khurafat
Khurofat secara bahasa berarti takhayul, dongeng atau
legenda. Dalam kamus munawir khurafat berati hal yang berkenaan dengan kepercayaan
yang tidak masuk akal. Dalam islam khurafat adalah semua cerita sama ada rekaan
atau khayalan, ajaran-ajaran, adat istiadat, ramalan-ramalan,pemujaan atau
kepercayaan yang menyimpang dari ajaran islam.
Faktor-faktor
yang mendorong terjadinya khurofat yaitu:
a.
Mudah mempercayai benda-benda takhayul
b.
Dangkalnya ilmu agama
c.
Terpengaruh dengan kelebihan seseorang atau suatu benda
Contoh
khurofat: kualat karena melanggar adat. Sebagian orang menganggap bahwa upacara
adatlah yang bisa menjaga keamanan dan kesejahteraan mereka. Meninggalkanya
berarti siap mendapat petaka.
Hukumberamal
dengan khurafat
Segala amalan dan kepercayaan yang tidak berdasarkan kepada sumber-sumber yang asal seperti al-Qur’an, al-Hadis, Ijma’ dan Qiyas adalah ditolak oleh Islam. Sabda rasulullah:
منأحدث فى أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
Maksudnya:
Barangsiapa mengada-adakan di dalam agama kami sesuatu yang tidak ada di
dalamnya, maka yang dikerjakannya itu adalah tertolak.
Percaya kepada benda-benda yang dijadikan keramat seperti pokok, kubur, telaga dan sebagainya, serta memuja, memohon pertolongan dan melepaskan nazar pada benda-benda berkenaan dan percaya ianya mempunyai kuasa selain dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, adalah membawa kepada syirik dan bertentangan dengan kepercayaan tauhid kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala
Percaya kepada benda-benda yang dijadikan keramat seperti pokok, kubur, telaga dan sebagainya, serta memuja, memohon pertolongan dan melepaskan nazar pada benda-benda berkenaan dan percaya ianya mempunyai kuasa selain dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, adalah membawa kepada syirik dan bertentangan dengan kepercayaan tauhid kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala
.
ولا تدع من دون الله ما لا ينفعك ولا يضرك فان فعلت فانك إذا من الظلمين
ولا تدع من دون الله ما لا ينفعك ولا يضرك فان فعلت فانك إذا من الظلمين
Dan janganlah menyembah atau memuja yang lain dari Allah, yang tidak dapat mendatangkan manfaat kepadamu dan juga tidak dapat memberi mudharat kepadamu. Sekiranya engkau mengerjakan yang demikian maka jadilah engkau orang-orang yang berlaku zalim (terhadap diri sendiri dengan perbuatan syirik itu)
Bukan dari golongan kami sesiapa yang merasa sial atau meminta diramalkan kesialannya atau merenung nasib atau minta ditenungkan atau mensihirkan atau memintadisihirkan.
Sabda Rasulullah
إن الرقى والتمائم والتولة شرك
“Sesungguhnya jampi mentera, tangkal dan guna-guna itu syirik”.
من علق تميمة فقد أشرك
“Sesiapa yang memakai tangkal, maka ia telah melakukan kesyirikan.”
3.
Pengertian mitos
Kata mitos berasal dari bahasa yunani mythos atau dalam
bahasa inggris mythology yang artinya cerita prosa rakyat yang menceritakan
tentang kehidupan para dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan
dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita atau oleh para penganutnya.
Minos
umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas
binatang, petualangan para dewa, kisah percintaan contohnya, ramayana,
mahabarata, hercules.
Mitos itu timbul akibat:
1. keterbatasan pengetahuan manusia
Pada saat manusia terbatas
pengetahuanya ,belum banyak yang mereka ketahui.kebanyakan pengetahuan mereka
peroleh dari cerita orang,dan cerita ini pun di ceritakan ke oaring lain.
2.Keterbatasan penalaran manusia
Manusia
memang mampu berpikir, namun pemikiran perlu terus-menerus dilatih.pem
ikiran itu sendiri dapat benar dapat
pula salah.akhirnya penalaran yang salah akan kalah oleh penalaran yang benar.
Untuk itu diperlukan waktu guna menyakinkan.
3. keingintahuan manusia yang telah
dipenuhi untuk sementara
Kebenaran memang harus dapat diuterima
oleh akal , tetap sebagian lagi dapat diterima secara intusi, yakni
penerimaan atas dasar kata hati tentang suatu yang benar.kata hati irasional
dalam kehiidupan awam sudah dapat diteima sebagai suatu kebenaran atau pseudo science
4. keterbatasan alat indra manusia
·Alat Penglihatan
Ada benda
– benda yang bergerak begitu cepat sehingga tak tampak jelas oleh mata. Adapula
jika benda yang dilihat terlalu jauh maka mata tak mampu melihatnya
·Alat Pendengaran
Pendengaran
manusia terbatas pada getaran yang mempunyai frekuensi dari 30 – 30.000 per
detik. Getaran dibawah 30 atau diatas 30.000/dHշ tak akan dapat didengar oleh
·Alat Pencium dan Pengecap
Manusia
hanya bisa membedakan empat jenis rasa yaitu manis, masam, pahit dan asin.Bau
seperti parfum dan bau-bauan yang lain dapat dikenal oleh hidung kita bila
konsentrasinya di udara sepersepuluh juta bagian.Dari bau, manusia dapat
membedakan benda dengan benda lain namun tidak semua dapat melakukannya.
·Alat Perasa
Kulit manusia dapat membedakan panas
atau dingin namun sangat relative, sehingga tidak bisa dipakai sebagai alat
observasi yang tepat.
Contoh Mitos: mitologi dewi padi atau dewi sri. Yaitu
tentang asal usul beras yang dikaitkan dengan dewi sri di daerah surabaya dewi
sri adalah seorang putri dari kerajaan purwacarita ia mempunyai saudara
laki-laki yang bernama Sadana pada suatu hari selagi tidur, kedua anak itu
disihir oleh ibu tiri mereka. Sadana diubah menjadi burung layang-layang, dan
sri diubah menjadi ular sawah dengan demikian, sri menjadi dewi padi dan
kesuburan.
B.
Dalil Takhayul, Khurafat dan Mitos
عن ابی سلمہ بن عبد الرحمن عن ابی ھریرہ حین قل رسولاللہ ص ۔ م لاعدوی ولا
صفر ولاھمہ فقل اعربی یارسولاللہ فما بل الابل تکون فالرمل کانھا الطباء فیجیء
البعیر الاجرب فیدخل فیھا فیجربھا کلھا قل فمن اعدی الاول وفی روایۃ لاعدوی ولا
طیرہ ولا صفر ولا ھامۃ
Artinya: “ bersumber dari Abu
Salamah bin Abdurrohman dari Abu Hurairoh ketika Rosullah bersabda sama sekali
tiada adwa penularan penyakit (tanpa izin Allah) tiada pula tabu dibulan shafar
serta tiada pula hammah mayat yang menjadi hantu maka ada orang arab baduwi
bertanya, ya Rosulullah bagaimana (kawanan) onta yang ada di padang pasir yang
sehat-sehat bagai rusa, lalu didatangi oleh seekor unta yang terserang penyakit
kudis? Maka kemudian Rosulullah SAW bersabda, lalu siapakah yang menularkan
penyakit kudis yang pertama kali? (yaitu Allah SWT). Dalam riwayat lain
(disebutkan bahwa nabi SAW bersabda). Sama sekali penularan penyakit (tampa
izin Allah). Tiada pula thiyaroh, tiada pula tabu di bulan shafar, dan tiada
pula mayat yang menjadi hantu”. (MuslimVII:30)
C.
Pandangan islam mengenai
takhayul, khurofat dan mitos
Keyakinan pada khurofat dan mitos
ini pada hakikatnya adalah pemikiran masyarakat musyrik jahiliyah. Mereka
bersandar kepada khurofat dan mitos sehingga akal sehat mereka rusak dan begitu
pula keilmuan mereka. Sehingga akidah
dan muamalah mereka sesat dan menyesatkan karena tidak berlandaskan pada wahyu
Allah melainkan pada khurofat dan mitos yaitu cerita-cerita bohong. Secara
umum, penyimpangan utama khurofat dan mitos terletak pada penisbatan terjadinya
suatu diantaranya musibah. Kemadhorotan dan kemanfaatan kepa selain Allah STW.
bahwa Allahlah yang maha kuasa dalam menimpakan kemadhorotan dan memberikan
kemanfaatan kepada makhluk-makhluknya. Firman Allah QS. Al hadid:22 dan
At-Thaghobun:11
Artinya: “ tiada suatu
bencanapun yang menimpa di bumi dan tidak pula pada kalian melainka telah
tertulis dalam kitab lauhul mahfudh sebelum kami menciptakan sesungguhnya yang
demikian itu adalah mudah bagi Allah SWT.(Al hadid:22)
Artinya: “ tiada suatu
musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, niscaya Dia akan
memberi petunjuk kepada hatinya, dan Allah maha mengetahui segala sesuatu.”
Selain menyelisi penisbatan
kejadian alam semesta kepada selain Allah. Kepercayaan kepada khurofat dan
mitos yang direalisasikan dalam bentuk ritual tertentu baik sesajen , ruwetan
dan lainya untuk memohon kebaikan dan perlindungan telah menyimpang dari
prinsip dasar islam yang mengajarkan tauhid. Firman Allah QS. Yunus:106 dan QS.
Fatir:13.
Artinya:” dan jangan engkau
menyembah sesutu yang tidak memberi manfaat dan tidak pula memberi bencana
kepadamu selain Allah, sebab jika engkau lakukan (yang demikian), maka
sesungguhnya engkau termasuk orang-orang yang dholim.” (QS. Yunus:106)
Artinya:” Dia memasukkan malam
kedalam siang dan memasukan siang kedalam malam dan menundukan matahari dan bulan,
masing-masing beredar menurutmasing-masing beredarmenurut waktu yang ditentukan
yang (berbuat) demikian itulah tuhan-Mu miliknyalah segala kerajaan. Dan
orang-orang yamg kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa
walaupun setipis kulit ari”.
Dengan demikian dapatlah kita
pahami bahwa khurofat dan mitos banyak menyimpang dari prinsip-prinsip dasar
islam. Maka hukum percaya kepada khurofat dan mitos adalah syirik.
Dampak yang ditimbulkan dari
kepercayaan kepada hurofat dan mitos, diantaranya mendatani tukang sihir dan
dukun, pengagungan terhadap jin dan setan serta terpengaruh terhadap
ramalan-ramalan. Dasar penyimpangan khurofat dan mitos ini adalah penyelisihan
terhadap agama tauhid.
KESIMPULAN
Takhayul
menurut bahasa, berasal dari kata khayal yang berati apa yang tergambar pada
seseorang mengenai suatu hal baik dalam keadaan sadar atau sedang bermimpi.
Dari segi istilah ada dua hal yang termasuk dalam kategori takhayul yaitu:
a.
Kekuatan ingatan yang terbentuk berdasarkan indrawi
dengan segala jenis lainya, seperti, pandangan, pendengaran, pancaroba,
penciuman setelah hilangnya sesuatu yang dapat diindra dari panca indra kita.
b.
Kekuatan ingatan lainya yang disandarkan pada gambar
indrawi, kemudian satu dari unsurnya menjadi sebuah gambar yang baru. Gambar
tersebut bisa jadi satu hal yang benar-benar terjadi, atau hal yang diluar
kebiasaan (kemustahilan). Seperti kisah seribu satu malam, Nyai roro kidul.
Khurofat secara bahasa berarti takhayul, dongeng atau
legenda. Dalam kamus munawir khurafat berati hal yang berkenaan dengan
kepercayaan yang tidak masuk akal. Dalam islam khurafat adalah semua cerita
sama ada rekaan atau khayalan, ajaran-ajaran, adat istiadat,
ramalan-ramalan,pemujaan atau kepercayaan yang menyimpang dari ajaran islam
Kata mitos berasal dari bahasa yunani mythos atau dalam
bahasa inggris mythology yang artinya cerita prosa rakyat yang menceritakan
tentang kehidupan para dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan
dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita atau oleh para penganutnya.
Mitos umumnya menceritakan tentang terjadinya alam
semesta, dunia, bentuk khas binatang, petualangan para dewa, kisah percintaan
contohnya, ramayana, mahabarata, hercules.
Dengan demikian dapatlah kita
pahami bahwa khurofat dan mitos banyak menyimpang dari prinsip-prinsip dasar
islam. Maka hukum percaya kepada khurofat dan mitos adalah syirik.
TAKHAYUL, KHUROFAT dan MITOS
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah
Hadits I(Aqidah)
Dosen pengampu IbuLaila Sabrina, S.Th.I., MA
Uswatun
Khasanah
PROGRAM STUDI ILMU QUR’AN DAN TAFSIR (IQT)
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM (FSH)
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2015
Merkur 37C HD Gaming Headset 【2021】tÀng "Xn - Xn
BalasHapus【2021】tÀng "Xn" is a new 메리트 카지노 쿠폰 design by Merkur and has a new design by Merkur. 인카지노 This headset includes two adjustable heads. 바카라사이트