PROFILE
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
“DAFF
KIDDIES”
|
A. Pendahuluan
Anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa sehingga setiap orang
yang dikaruniai seorang anak wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan
pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai dengan
kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga adalah masa depan keluarga.
Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden
years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima
berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan
laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa
terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang
diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk
mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan
moral.
Pendidikan
anak usia dini (PAUD)
adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan
dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir
sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan
untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak
memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan
pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan anak usia dini merupakan
salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan
dasar ke arah pertumbuhan dan 5 perkembangan, yaitu : perkembangan moral
dan agama, perkembangan fisik (koordinasi
motorik halus dan kasar), kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan
emosi) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap
perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang
tercantum dalam Permendiknas no 58 tahun 2009.
Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat
fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya
dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses
pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan
selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga
pendidikan anak usia dini (Kelompok bermain, Taman Penitipan Anak, Satuan PAUD
sejenis lainnya) sangat tergantung pada sistem dan proses pendidikan yang
dijalankan.
Apabila semua pihak terutama orang tua mengetahui dan sadar akan
pentingnya PAUD serta didukung oleh tenaga pendidik yang dapat melaksanakan
pendekatan pembelajaran sesuai dengan prinsip dan tujuan belajar anak usia dini
maka akan terciptalah anak Indonesia yang cerdas, terampil dan bertanggung
jawab yang tentunya didukung oleh kesehatan yang baik serta akhlak mulia karena
pendidikan anak usia dini harus dilakukan secara holistik atau menyeluruh baik
ilmu, watak dan kepribadian, iman yang baik serta kesehatan yang prima. Dengan
jalan ini PAUD Daff Kiddies diharapkan mampu menyiapkan masa depan anak yang
diharapkan pada waktunya mampu membawa bangsa ini menuju kejayaan dan mampu
bersaing dengan dunia global.
VISI DAN MISI
Daff Kiddies sebagai lembaga
pendidikan ingin menjembatani bagi anak didiknya untuk dapat mengembangkan
potensi yang mereka miliki sesuai dengan visi dan misinya yaitu:
Visi :
mengembangkan anak Indonesia
yang beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang mah esa, sehat, mandiri dan
tanggung jawab
Misi :
1.
mencerdaskan kehidupan bangsa
2.
Mengembangkan
potensi anak sejak dini
3.
Mewujudkan
pendidikan yang berkuwalitas, bermafaat bagi pertumbuhan dan perkembangan
sesuai demgan hak anak
4.
Mengembangkan
berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat
menyesuaikan diri dengan lingkungan.
SASARAN MUTU
Sasaran mutu yang dimaksud adalah:
1.
Berorientasi
pada kebutuhan anak
2.
Belajar
dengan bermain
Bermain merupakan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan anak usia
dini dengan menggunakan strategi , metode yang menarik. Melalui bermain anak
diajak bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan benda-benda di sekitarnya.
3. Kreatif dan inovatif
Membangkit rasa ingin tahu dan memotivasi anak untuk berfikir
kritis dan menemukan hal-hal baru
4. Lingkungan yang kondusif
5. Mengembangkan kecakapan hidup anak
Kecaapan hidup diarahkan untuk membantu anak menjadi mandiri,
disiplin, mampu bersosialisasi dan
memiliki ketrampilan dasar yang berguna bagi kehidupan kelak.
6. Mengembangkan ketrampilan hidup
7. Pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan
anak
Metode belajar
Metode belajar yang diterapkan adalah metode pembelajaran yang
memadukan beyond center circle time (BCCT) dengan metode yang senergi dengan
alam.
Tematik
Tema yang ada di Daff Kiddies adalah:
1. Diri sendiri
2. Lingkungan
3. Tanaman
4. Binatang
5. Rekreasi
6. Air
7. Tanah
8. Cuaca dan musim
9. Pasir
10. Udara
11. Bola
12. Buah-buahan
13. Balon dll.
Kegiatan belajar mengajar
1. Berbaris
2. Masuk kelas
3. Berdoa
4. Absensi
5. Pembelajaran (sesuai dengan tematik dari dinas dan metode
pendekatan)
6. Istirahat makan
7. Doa penutup
Kegiatan unggulan
Keunggulan Daff Kiddies dapat dilihat dari penunjang proses
kegiatan belajar mengajar antara lain:
1. Story telling
Story telling dilakukan setiap hari sebelum kegiatan inti, materi
cerita yang digunakan adalah sesuai dengan tematik
2. Hafalan doa dan surat pendek
Hafalan doa yang dikembangkan di Daff Kiddies menggunakan prinsip
yaitu: anak mengerti maksudnya berdoa. Disetiap kegiatan belajar, anak belajar
mengucapkan surat pendek, apabila aak sudah dapat menghafal dan mengucapkan
selanjutnya akan ditambah surat yang baru.
3. Life skill dan kreatifitas
Life skill merupakan kegiatan yang melatih anak belajar
mengembangkan konsep diri dan kemampuan menolong diri sendiri, yang dapat
melatih kemampuan dasar dan kreatifitas melalui kegiatan menggambar, menempel,
melipat, playdough, bermain pasar, music, konsep dasar, numeral, konsep warna,
cooking session, dsb.
4. Belajar langsung paa sumber ( field trip)
Anak akan diajak langsung pada sumber belajar: misalnya industry,
profesi, alam, agraris, dan perikanan, program belajar ini disesuaikan dengan
tingkat usia anak.
5. Literalisasi dan numeral
Anak diperkenalkan bahasa Indonesia, bahasa Inggris sederhana dan
kegiatan membaca, menulis, dan menghitung (khusus untuk usia setara TK 5-6 th)
Kegiatan menunjang
1. Swimming
2. Pemberian makanan tmbahan
3. Iqro untuk kelompok usia 5-6 tahun
4. Konseling tumbuh kembang anak.
B. Penutup
Dunia anak adalah suatu dunia dimana seseorang mengalami segala
penjelejahannya di bumi. Dalam fase kehidupan proses belajar menunjukkan cirri
dan kekhasannya. Dalam dunia anak-anak belajar merupakan fase untuk lebih
mengenal dunia dan titik awa menemukan potensi diri dalam mengawali sebuah
cita-cita untuk meraih hidup di masa depan.
Pentingnya fase awal dalam belajar ini mendorong debentuknya Daff
Kiddies sebagai wadah yang dapat menjembatani bagi anak untuk dapat
mengembangkan potensi yang mereka miliki.
LAMPIRAN
·
COPY
Akta Notaris pendirian Daff Kiddies
·
Copy
piagam penghargaan pendidik
·
Foto-foto
kegiatan
BADAN PENGURUS DAFF KIDDIES
PENASEHAT : ALIMIN, SH
PENGAWAS :
KETUA :
SEKRETARIS :
BENDAHARA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar