INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Kamis, 07 April 2016

PROFILE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “DAFF KIDDIES” Wonosobo


PROFILE

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
“DAFF KIDDIES”





















KELOMPOK BERMAIN
“DAFF KIDDIES”
Sekretariat : Jalan Lingkar Selatan, Mirombo Permai Blok B-35 Rojoimo,
Wonosobo, Jawa Tengah , Kode Pos 56316
Akte Notaris No : 05 Tanggal : 12 Juli 2010

 
 










A. Pendahuluan

Anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa sehingga setiap orang yang dikaruniai seorang anak wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai dengan kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga adalah masa depan keluarga.
Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 5 perkembangan, yaitu : perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendiknas no 58 tahun 2009.
Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini (Kelompok bermain, Taman Penitipan Anak, Satuan PAUD sejenis lainnya) sangat tergantung pada sistem dan proses pendidikan yang dijalankan.
Apabila semua pihak terutama orang tua mengetahui dan sadar akan pentingnya PAUD serta didukung oleh tenaga pendidik yang dapat melaksanakan pendekatan pembelajaran sesuai dengan prinsip dan tujuan belajar anak usia dini maka akan terciptalah anak Indonesia yang cerdas, terampil dan bertanggung jawab yang tentunya didukung oleh kesehatan yang baik serta akhlak mulia karena pendidikan anak usia dini harus dilakukan secara holistik atau menyeluruh baik ilmu, watak dan kepribadian, iman yang baik serta kesehatan yang prima. Dengan jalan ini PAUD Daff Kiddies diharapkan mampu menyiapkan masa depan anak yang diharapkan pada waktunya mampu membawa bangsa ini menuju kejayaan dan mampu bersaing dengan dunia global.
VISI DAN MISI
Daff Kiddies sebagai lembaga pendidikan ingin menjembatani bagi anak didiknya untuk dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki sesuai dengan visi dan misinya yaitu:
Visi :
mengembangkan anak Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang mah esa, sehat, mandiri dan tanggung jawab
Misi :
1.      mencerdaskan kehidupan bangsa
2.     Mengembangkan potensi anak sejak dini
3.     Mewujudkan pendidikan yang berkuwalitas, bermafaat bagi pertumbuhan dan perkembangan sesuai demgan hak anak
4.     Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.
SASARAN MUTU
Sasaran mutu yang dimaksud adalah:
1.     Berorientasi pada kebutuhan anak
2.     Belajar dengan bermain
Bermain merupakan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan anak usia dini dengan menggunakan strategi , metode yang menarik. Melalui bermain anak diajak bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan benda-benda di sekitarnya.
3.     Kreatif dan inovatif
Membangkit rasa ingin tahu dan memotivasi anak untuk berfikir kritis dan menemukan hal-hal baru
4.     Lingkungan yang kondusif
5.     Mengembangkan kecakapan hidup anak
Kecaapan hidup diarahkan untuk membantu anak menjadi mandiri, disiplin, mampu bersosialisasi  dan memiliki ketrampilan dasar yang berguna bagi kehidupan kelak.
6.     Mengembangkan ketrampilan hidup
7.     Pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak
Metode belajar
Metode belajar yang diterapkan adalah metode pembelajaran yang memadukan beyond center circle time (BCCT) dengan metode yang senergi dengan alam.
Tematik
Tema yang ada di Daff Kiddies adalah:
1.     Diri sendiri
2.     Lingkungan
3.     Tanaman
4.     Binatang
5.     Rekreasi
6.     Air
7.     Tanah
8.     Cuaca dan musim
9.     Pasir
10. Udara
11. Bola
12. Buah-buahan
13. Balon dll.
Kegiatan belajar mengajar
1.     Berbaris
2.     Masuk kelas
3.     Berdoa
4.     Absensi
5.     Pembelajaran (sesuai dengan tematik dari dinas dan metode pendekatan)
6.     Istirahat makan
7.     Doa penutup
Kegiatan unggulan
Keunggulan Daff Kiddies dapat dilihat dari penunjang proses kegiatan belajar mengajar antara lain:
1.     Story telling
Story telling dilakukan setiap hari sebelum kegiatan inti, materi cerita yang digunakan adalah sesuai dengan tematik
2.     Hafalan doa dan surat pendek
Hafalan doa yang dikembangkan di Daff Kiddies menggunakan prinsip yaitu: anak mengerti maksudnya berdoa. Disetiap kegiatan belajar, anak belajar mengucapkan surat pendek, apabila aak sudah dapat menghafal dan mengucapkan selanjutnya akan ditambah surat yang baru.
3.     Life skill dan kreatifitas
Life skill merupakan kegiatan yang melatih anak belajar mengembangkan konsep diri dan kemampuan menolong diri sendiri, yang dapat melatih kemampuan dasar dan kreatifitas melalui kegiatan menggambar, menempel, melipat, playdough, bermain pasar, music, konsep dasar, numeral, konsep warna, cooking session, dsb.
4.     Belajar langsung paa sumber ( field trip)
Anak akan diajak langsung pada sumber belajar: misalnya industry, profesi, alam, agraris, dan perikanan, program belajar ini disesuaikan dengan tingkat usia anak.
5.     Literalisasi dan numeral
Anak diperkenalkan bahasa Indonesia, bahasa Inggris sederhana dan kegiatan membaca, menulis, dan menghitung (khusus untuk usia setara TK 5-6 th)
Kegiatan menunjang
1.     Swimming
2.     Pemberian makanan tmbahan
3.     Iqro untuk kelompok usia 5-6 tahun
4.     Konseling tumbuh kembang anak.
B.    Penutup
Dunia anak adalah suatu dunia dimana seseorang mengalami segala penjelejahannya di bumi. Dalam fase kehidupan proses belajar menunjukkan cirri dan kekhasannya. Dalam dunia anak-anak belajar merupakan fase untuk lebih mengenal dunia dan titik awa menemukan potensi diri dalam mengawali sebuah cita-cita untuk meraih hidup di masa depan.
Pentingnya fase awal dalam belajar ini mendorong debentuknya Daff Kiddies sebagai wadah yang dapat menjembatani bagi anak untuk dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki.
LAMPIRAN
·        COPY Akta Notaris pendirian Daff Kiddies
·        Copy piagam penghargaan pendidik
·        Foto-foto kegiatan
















BADAN PENGURUS DAFF KIDDIES
PENASEHAT       : ALIMIN, SH
PENGAWAS        :
KETUA                :
SEKRETARIS      :
BENDAHARA      :

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar