INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Kamis, 10 Maret 2011








PANDUAN PKM
Affannur Jentrek Rojoimo Wonosobo
























PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA :
PENELITIAN, PENERAPAN TEKNOLOGI, KEWIRAUSAHAAN DAN
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT


A.    Umum
Konsekuensi program restruturisasi di lingkungan Ditjen Dikti adalah terintegrasinya pengelolaan program pembinaan kemahasiswaan termasuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa. Segera setelah proses integrasi berjalan, teridentifikasi program yang dinilai mampu meningkatkan kualitas intelektual dan karakter serta membuka akses pengembangan minat dan bakat mahasiswa sepanjang periode belajarnya di perguruan tinggi.
Berbasis pada fakta tersebut, Ditbinlitabmas Dikti mengintegrasikan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Program Kreativitas Mahasiswa dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang baik. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan, mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Ada 5 jenis kegiatan yang ditawarkan di dalam program PKM, yaitu: (1) PKM Penelitian (PKMP), (2) PKM Penerapan Teknologi (PKMT), (3) PKM Kewirausahaan (PKMK), (4)PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), dan (5) PKM Penulisan Ilmiah (PKMI). Kriteria mengenai inti kegiatan seperti materi kegiatan, strata pendidikan, jumlah anggota, dosen pendamping, alokasi biaya , laporan akhir, dan luaran dari kelima kegiatan dalam PKM disajikan Tabel VII-1.
Program Kreativitas Mahasiswa Terbuka untuk seluruh mahasiswa program Diploma maupun sarjana, yang masih aktif, terdaftar di perguruan tinggi dan tidak sedang terkena sanksi akademik. Dapat diusulkan secara perorangan maupun kelompok non-himpunan, himpunan profesi ataupun unit kelompok. Seseorang atau sekelompok mahasiswa, baik sebagai ketua atau anggota, hanya dibenarkan mengikuti satu jenis kegiatan PKM. Untuk menjaga terpenuhinya quality assurance, keberadaan dosen pendamping disarankan untuk dilibatkan secara aktif dalam setiap jenis kegiatan PKM. Seorang dosen pendamping setiap tahun hanya diijinkan mendampingi satu kelompok pelaksana PKM.




Tabel VII-1. KRITERIA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
NO.
KRITERIA
JENIS KEGIATAN
PKMP
PKMT
PKMK
PKMM
PKMI
1
Inti Kegiatan
Karya kreatif, inovatif dalam penelitian
Karya kreatif, inovatif dalam implementasi sains dan teknologi
Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha
Karya kreatif, inovatif dalam membantu masyarakat
Karya kreatif, dalam penulisan artikel ilmiah
2
Materi kegiatan
Semua bidang ilmu, lintas bidang dianjurkan
Semua bidang ilmu, lintasbidang dianjurkan
Semua bidang ilmu atau yang relevan
Semua bidang ilmu atau yang relevan
Karya PKM yang telah dilaksanakan
3
Strata Pendidikan
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, Si
Diploma, S1
4
Jumlah Anggota
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
5
Dosen Pendamping
Maks 1 orang
Maks 1 orang
Maks 1 orang
Maks 1 orang
Maks. 1 orang
6
Alokasi Biaya (Rp)
Maks.6.000.000
Maks.6.000.000
Maks.6.000.000
Maks.6.000.000
1.500.000
7
Laporan Akhir
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Artikel
8
Luaran
Artikel, paten
Paten, model desain, piranti lunak, jasa
Barang dan jasa komersial
Jasa, desain, barang
Publikasi di jurnal ilmiah
Perbedaan kelima jenis kegiatan PKM menimbulkan konsekuansi teknis pelaksanaan yang berlainan. PKM Penelitian (PKMP) merupakan kreativitas yang inovatif dalam menemukan hasil karya melalui penelitian pada bidang profesi masing-masing. PKM Penerapan Teknologi (PKMT) mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan pengusaha/pedagang kecil, koperasi atau kelompok produktif lain, karena produk PKMT merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra. PKMT juga merupakan kreativitas yang inovatif dalam menciptakan suatu karya teknologi (prototipe, model, peralatan, proses) yang dibutuhkan oleh suatu kelompok masyarakat (kelompok tani, industri kecil, dll). PKM Kewirausahaan (PKMK) umumnya didahului oleh survai pasar, karena relevansinya yang tinggi terhadap terbukanya peluang perolehan profit bagi mahasiswa. PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) menuntut ditetapkannya masyarakat sasaran strategis dan persoalannya sebelum menyusun proposal. PKMM juga merupakan kreativitas yang inovatif dalam melaksanakan program yang membantu masyarakat seperti penataan dan perbaikan lingkungan, pelatihan keterampilan kelompok masyarakat, pengembangan kelembagaan masyarakat, penciptaan karya seni dan olah raga, dll. PKM Penulisan Ilmiah (PKMI) yang merupakan kegiatan penulisan ilmiah dari suatu hasil karya mahasiswa dalam pendidikan (praktek lapang, KKN, PKM, magang, dll), penelitian dan pengabdian masyarakat (kewirausahaan, dll). Peserta PKMI dapat berasal dari semua bidang ilmu, tetapi tulisan yang dibuat berasal dari hasil karya mahasiswa peserta yang telah selesai dilaksanakan.
Rangkaian proses pengusulan, pelaksanaan dan pelaporan Program Kreativitas Mahasiswa dilaksanakan sesuai dengan format yang telah ditentukan, yakni Usul Program Kreativitas Mahasiswa, Evaluasi Usul, Pemantauan, dan Laporan Akhir. Beberapa judul PKM penelitian, PKM Penerapan Teknologi, PKM Kewirausahaan, dan PKM Pengabdian kepada Masyarakat diberikan sebagai contoh (lampiran 4).
Proposal yang disusun mahasiswa sesuai format dan sistematika yang telah ditetapkan dapat diajukan ke Ditbinlitabmas secara kolektif o9leh perguruan tinggi setelah disahkan pembantu/Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Bagi mahasiswa yang berasal dari PTS, harus memberikan surat tembusan kepada Kopertis.


B.  Organisasi Pengelolaan
1.      Pengelolaan PKM berada di bawah tanggung jawab Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dikti.
2.      Dikti akan membentuk Tim Pengelola Program di tingkat pusat yang terdiri atas pakar dari berbagai bidang ilmu. Tugas Tim adalah mengelola program, serta menilai usulan, memonitor dan menilai pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
3.      Pembantu/Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Direktur Politeknik, Ketua Sekolah Tinggi perguruan tinggi yang bersangkutan diminta memantau: pelaksanaan PKM di lapang, penyelesaian laporan akhir PKM serta pertanggungan jawaban keuangan.


C.     Syarat dan Sistematika Usulan Program

1.      Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) harus diketahui oleh Ketua Jurusan/ Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa dan disetujui oleh Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan perguruan tinggi/Direktur Politeknik yang bersangkutan.
2.      Usulan Program dikirimkan kepada Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Jalan Pintu Satu Senayan Jakarta melalui Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi perguruan tinggi yang bersangkutan. Sudut kiri bawah sampul yang berisi kiriman usulan, diberi kode PKM.
3.      Tanpa mengurangi kreativitas, usulan PKMP, PKMT, PKMK, dan PKMM agar dibuat selengkapnya dengan mengikuti sistematika penyusunan sebagai berikut:
a.       Judul Program
b.      Latar Belakang Masalah
c.       Perumusan Masalah
d.      Tujuan Program
e.       Luaran Yang Diharapkan
f.       Kegunaan Program
g.      Tinjauan Pustaka (untukPKM Penelitian dan Penerapan Teknologi)
h.      Metodologi Pelaksanaan Program
i.        Jadwal Kegiatan Program
j.        Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
k.      Nama dan Biodata Dosen Pendamping
l.        Biaya
m.    Lampiran
4        Contoh format kulit muka dan halaman pengesahan diberikan dalam Lampiran 1 dan 2.
5        Khusus untuk usulan PKMI, tanpa mengurangi kreativitas, hendaknya mengikuti format dan sistematika penyusunan seperti dijelaskan pada halaman tersendiri.


D.    Pelaporan Kegiatan Program

1.      Pada akhir pelaksanaan program, tiap kelompok kecuali peserta PKMI menyerahkan laporan akhir dan laporan pertanggungjawaban keuangan program kepada Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melalui Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi perguruan tinggi yang bersangkutan.

2.      Laporan terdiri dari laporan lengkap beserta ringkasan yang harus dibuat rangkap 3 (tiga) dengan ketentuan:
a.       Ukuran kertas A4
b.      Diketik 1,5 spasi
c.       Diberi sampul rapih, warna hijau tua
d.      Ringkasan terdiri dari 3-5 halaman, diketik 1 spasi
3.      Laporan akhir Program untuk PKMP, PKMT, PKMK, dan PKMM meliputi:
a.       Ringkasan
b.      Kata Pengantar
c.       Pendahuluan
1)      Latar Belakang Masalah
2)      Identifikasi Masalah
3)      Perumusan Masalah
4)      Tujuan Program
5)      Kegunaan
d.      Metode Pendekatan
e.       Pelaksanaan Kegiatan
1)      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
2)      Tahapan Pelaksanaan
3)      Instrumen Pelaksanaan
f.       Hasil Program dan Pembahasan
g.      Kesimpulan dan Saran
h.      Daftar Pustaka/Lampiran


E.     Seminar Hasil Program dan Penghargaan

Dikti akan memilih kelompok program yang layak diundang sebagai peserta Seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tingkat Nasional berdasarkan hasil monitoring dan Laporan Akhir Program. Pemberian penghargaan akan diberikan kepada program yang inovatif, merangsang pengembangan diri, dan berdampak luas untuk manfaat masyarakat. Kegiatan ini akan dikoordinasikan dalam dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).










Lampiran 1. CONTOH FORMAT KULIT MUKA USUL PKM
                      (warna hijau tua, ukuran A4)





 




 

 

 

 

 

 

 


PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



JUDUL PROGRAM

…………………………………………………….




BIDANG KEGIATAN : *
…………………………………………………..




Disusun oleh : **
………………………



                                               



UNIVERSITAS/INSTITUT/POLITEKNIK …………………..
KOTA …………, TAHUN ………………




*    Pilih salah satu bidang kegiatan (PKMP, PKMT, PKMK atau PKMM)
** Tulis semua nama (Ketua dan diikuti Anggota) pengusul

Lampiran 2.  CONTOH FORMAT HALAMAN PENGESAHAN

USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



  1. Judul Kegiatan            :   Pemanfaatan Sinar Biru dengan Metode Light Trap untuk Membasmi Hama Tryporyza Innotata pada Tanaman Padi  sebagai Alternatif Pengganti Pestisida


  1.  

     
    Bidang Kegiatan         :         PKMP                           PKMK

 
v
 
(Pilih salah satu)                   PKMT                           PKMM

Ketua Pelaksana Kegiatan
a.   Nama Lengkap                              : Ruktin Handayani
b.      NIM/NRP                                     : 5105100010
c.       Jurusan                                          : Teknik Informatika
d.      Universitas/Institut/Politeknik      : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
e.       Alamat Rumah/Telp./fax.              : Rumpuk Mantup Lamongan/085649692612

4.  Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis  : tiga orang

  1. Dosen Pendamping

 a. Nama Lengkap dan Gelar              :

 b. N I P                                              :


6. Biaya Kegiatan Total                            :

            DIKTI                                                 :           Rp.
            Sumber Lain (Sebutkan)                     :           Rp.

7.   Jangka Waktu Pelaksanaan                 :           Bulan_____s/d_____ tahun_____


Menyetujui                                                                  Ketua Pelaksana Kegiatan
Ketua Jurusan/Pembimbing
Unit Kegiatan Mahasiswa *


(__________________________)                              (_________________________)
NIP.                                                                            NRP/NIM.

Pembantu atau Wakil Rektor Bidang                         Dosen Pendamping **
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/
Ketua Sekolah Tinggi,


(__________________________)                              (_________________________)
NIP.                                                                            NIP.

*    Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa bagi kelompok mahasiswa yang   organisasinya tidak berada langsung di bawah Jurusan
** Diisi apabila ada Dosen Pendamping



Lampiran 3. SISTEMATIKA USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
          (PKMP, PKMT, PKMK, PKMM)



A.    JUDUL PROGRAM
Pemanfaatan Sinar Biru dengan Metode Light Trap untuk Membasmi Hama Tryporyza Innotata pada Tanaman Padi  sebagai Alternatif Pengganti Pestisida

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Pertanian merupakan sektor terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lamongan, sebagian penduduknya bermatapencaharian sebagai petani sehingga tumpuan hidup mereka terletak pada usaha tani mereka. Namun usaha pertanian mereka sering mengalami kegagalan sebelum masa panen. Hal ini disebabkan karena tanaman mereka khususnya padi terserang hama Tryporyza Innotata sehingga panen mereka gagal. Sedangkan pestisida yang mereka gunakan untuk membasmi hama tersebut seruingkali berakibat buruk bagi tanah pertanian.
Padahal hama tersebut dapat dibasmi dengan menggunakn metode Light Trap dengan bantuan sinar biru tanpa merusak struktur tanah dan biaya yang dihabiskan relative murah dan bias dijangkau oleh para petani.

C.     PERUMUSAN MASALAH
1.      Sinar apa yang paling efisien pada metode Light Trap untuk membasmi ham Tryporyza Innotata pada tanaman padi ?
2.      Apakah biaya pembuatan rangkaian alat/metode Light Trap dapat dijangkau oleh para petani khususnya kalangan menengah ke bawah?
3.      Apakah rangkaia alat tersebut efektif dan efisien digunakan untuk membasmi hama Tryporyza innotata?
4.                              Kapan rentang waktu penyebaran hama Triporyza innotata terbanyak?

D.    TUJUAN PROGRAM
1.      Untuk mengetahui sinar yang paling efisien pada metode Light Trap dalam membasmi hama Tryporyza innotata pada tanaman padi
2.      Mengetahui perhitungan ekonomis rangkaian Light Trap untuk membasmi hama Tryporyza innotata
3.      mengetahui efektifitas dan efisiensi pengginaan metode Light Trap
4.      Mengetahui rentang waktu penyebaran hama Tryporyza innotata
5.       
E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran kegiatan PKM mengacu pada table VII-1

F.      KEGUNAAN PROGRAM
Gambarkan manfaat bagi khalayak sasaran, dari sisi ekonomi maupun Ipteks, apabila perubahan kondisi terjadi setelah kegiatan PKM selesai.

G.    TINJAUAN PUSTAKA (untuk PKMP dan PKMT)
Usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan PKM yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan PKM yang diusulkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam kegiatan PKM. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka.




H.    METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci. Uraian untuk PKMP dapat meliputi variable dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Uraian untuk PKMT, PKMK dan PKMM dilakukan untuk menjelaskan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan dalam butir D.

I.       JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Buatlah jadwal kegiatan PKM yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan kegiatan PKM dalam bentuk Bar-chart. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (H).

J.       NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA
1.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                :
b. NIM                                                            :
c. Fakultas/Program Studi                   :
d. Perguruan Tinggi                            :
e. Waktu untuk kegiatan PKM           :           jam/minggu
2.      Anggota Pelaksana
(rincian seperti butir 1)

K.    NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING
1. Nama Lengkap dan Gelar                     :
2. Golongan Pangkat dan NIP                  :
3. Jabatan Fungsional                                :
4. Jabatan Struktural                                 :
5. Fakultas/Program Studi                                    :
6. Perguruan Tinggi                                   :
7. Bidang Keahlian                                   :
8. Waktu untuk kegiatan PKM                 :            jam/minggu

L.     BIAYA
Berikan rincian biaya PKM baik yang didanai Depdiknas maupun pihak lain dengan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (H) dengan Rekapitulasi biaya :
1.Bahan habis pakai
2.Peralatan penunjang PKM
3.Perjalanan
4.Lain-lain

M.   LAMPIRAN
1.Daftar Pustaka
2.Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana kecuali yang berasal dari Industri Kecil/Koperasi
3.Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan (untuk PKMT, PKMK, PKMM)
4.Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Pengusaha Kecil, Koperasi atau Kelompok Tani (untuk PKMT, PKMK, PKMM)
5.Denah detil Lokasi Pengusaha Kecil atau Mitra Kerja (untuk PKMT, PKMK, PKMM)
6.Hal-hal lain yang dianggap perlu


LAMPIRAN 5. CONTOH JUDUL PKMP, PKMT, PKMK, DAN PKMM
a.       Upaya Mengatasi Kegagalan Keramba Ikan Setelah Hujan Belerang di Dalu-Dalu Mininjau Kabupaten Agam
b.      Studi tentang Intrusi Air Laut di Kota Padang dengan Metode Geolistik
c.       Rancang Bangun Mesin Pembuat Pegas Springbed
d.      Budidaya Ikan Patin (Pangasius pangasius) dalam kantong Jaring Apung
e.       Rancang Bangun Prototipe Alat Sortasi Buah dengan Lengan Robot
f.       Introduksi Teknologi Pemulsaan dan Pengajiran pada Famili Cucur bilaceae di Kabupaten Rejang Lebong
g.      Penilaian Kondisi Terumbu Karang di Cagar Alam Laut Kepulauan Krakatau Lampung
h.      Program Buku Pendidikan Sosial dan Emosional Anak
i.        Jaringan Lokal Komputer Nirkabel dalam Suatu Gedung
j.        Pengembangan Usaha Produk Gula Kubus Rendah Kalori
k.      Alat Pengiris Kerupuk Multi Pisau Sistem Pedal
l.        Pengolahan Bulu Ayam Sebagai Bahan Pakan Sumber Protein dengan Hidrolisis Asam dan Tekanan Uap
m.    Pengembangan Metode untuk Deteksi Mikroba Patogen pada Kasus Keracunan Makanan Menggunakan Metode Imunokimia
n.      Revitalisasi Konsep Bhinneka Tunggal Ika dalam Upaya Pembinaan Kesadaran sebagai Warga Bangsa Yang Majemuk
o.      Angkutan Niaga Ramah Lingkungan (Anggara)
p.      Pengaruh Lingkungan Pergaulan terhadap Perilaku Menyimpang Anak Jalanan di Purwokerto
q.      Fermentasi Kulit Ari Kedelai dengan Ragi Tempe sebagai Pakan Ayam Broiler Secara in vivo.
r.        Studi Penggalian Tradisi dan Budaya Lokal di Kepulauan Karimunjawa sebagai Aset Pariwisata.
s.       Pendirian Usaha Desain Produksi dan Pemasaran Busana.
t.        Eksotisme dan Fungsi Singir Erang-Erang Sekar Panjang, Sebuah Potret Klasik Dunia Sastra Pesantren.
u.      Pemasyarakatan Teknologi Informasi Berbasis Internet untuk Kalangan Usaha Kecil Menengah di Yogyakarta.
v.      Teknologi Pembuatan Susu Kental Manis dari Kacang.
w.    Pendayagunaan Kayu Secang dalam Pewarnaan Kain Batik.
x.      Mengolah Kertas Bekas Menjadi Kantong Belanja Eksklusif.
y.      Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Surya.
z.       Rancangan Sistem dan Prosedur Transaksi Keuangan Daerah dalam Pelaksanaan Otonomi pada Pemerintah Kota/Kabupaten.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar