INFO PROFIL

Foto saya
JENTREK ROJOIMO WONOSOBO, jawa tengah indonesia, Indonesia
Ya Allah jadikan kami manusia yang bisa keluar dari belenggu “kemunafikan”. Bimbing kami untuk tidak mengoreksi orang lain sebelum diri ini terkoreksi ya Rabb. Jadikan kami manusia yang jujur dan tidak pernah membohongi diri sendiri apalagi orang lain. kepadaMulah kami berserah ya Allah, kepadaMulah kami bermohon karena tanpa kehendakMu kami tidak bisa berbuat apa-apa Affannur Jentrek rojoimo wonosobo . lahir13 Agustus 1989

Kamis, 10 Maret 2011

  
Pedoman Penulisan Proposal Penelitian,

Tugas Akhir dan Skripsi
Fakultas Teknik Ilmu Komputer Unsiq
Affannur Jentrek Rojoimo




 





KATA PENGANTAR 




Setiap lulusan STMIK AMIKOM Yogyakarta dituntut mampu  menulis karangan ilmiah secara benar. Tugas Akhir atau Skripsi  merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian untuk memenuhi  persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan pada STMIK AMIKOM  Yogyakarta. 

Untuk memperoleh keseragaman dalam penulisan, maka adanya 

Petujuk Penulisan Usulan Penelitian dan Tugas Akhir atau Skripsi  sangat diperlukan. Dalam buku ini disajikan garis-garis besar cara  penulisan usulan penulisan dan tugas akhir atau skripsi. Di samping  itu juga diberikan tata cara penulisan dan penyusunan. 

Isi buku ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu: 

1.  Petunjuk Umum; 

2.  Usulan Penelitian; 

3.  Tata Cara Penyusunan; 

4.  Tata Cara Penulisan; 

5.  Lampiran yang memuat contoh-contoh. 

Penyusunan buku ini  memerlukan waktu dan pemikiran yang 

mendalam untuk dapat memberikan isi yang bersifat umum, dan  dapat dipakai untuk berbagai tema dalam bidang informatika. Kritik  dan saran masih sangat kami perlukan untuk perbaikan buku ini. 

Mudah-mudahan terbitnya buku ini dapat memberikan manfaat 

seperti apa yang diharapkan. 




 





BAB I 

PETUNJUK UMUM 




A.  Persyaratatan Tugas Akhir dan Skripsi 

Persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk dapat 

melaksanakan tugas akhir untuk jenjang Diploma 3 atau skripsi untuk  jenjang Strata 1 dapat ditanyakan kepada masing-masing jurusan.  Persyaratan ini pada dasaranya meliputi jumlah sks dan indeks  prestasi yang telah berhasil dicapai oleh mahasiswa.  

Para mahasiswa yang  telah mengumpulkan jumlah sks yang 

diperlukan, dapat memenuhi persyaratan indeks prestasi yang telah  ditetapkan jurusan dan berminat menempuh penyelesaian tugas akhir  atau skripsi, dapat segera mempersiapkan judul penelitian untuk  selanjutnya diusulkan kepada jurusan D3 Manajemen Informatika  atau S1 Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta.  



B.  Pengajuan Usulan Tugas Akhir dan Skripsi 

Usulan untuk menempuh tugas akhir atau skripsi diajukan kepada 

ketua  jurusan  dengan  menyerahkan proposal  (usulan)  penelitian  untuk selanjutnya akan ditentukan dosen pembimbing tugas akhir  atau skripsi oleh jurusan sesuai dengan tema penelitian yang  diajukan. Usulan tugas akhir atau skripsi memuat judul tugas akhir  atau skripsi dan ringkasan permasalahan yang akan dipelajari.  Khusus untuk program diploma 3, usulan diajukan oleh kelompok  dengan jumlah anggota maksimal 4 (empat) orang. 



C.  Pelaksanaan Tugas Akhir dan Skripsi 

Mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir atau skripsi 

diwajibkan melaksanakan kegiatan tersebut secara sungguh-sungguh  dibawah bimbingan dosen pembimbing. Mahasiswa wajib melaporkan  secara rutin setiap perkembangan dari pelaksanaan tugas akhir atau  skripsi kepada dosen pembimbing. Perpanjangan pelaksanaan tugas  akhir atau skripsi melebihi dua semester hanya dapat  dipertimbangkan apabila mahasiswa yang bersangkutan sudah  menunjukkan kemajuan yang berarti. 

Pada akhir penyelesaian kegiatan penelitian, mahasiswa 

menyusun hasil-hasil penelitiannya menjadi karya tulis ilmiah  berbentuk tugas akhir atau skripsi dengan berpedoman pada  pembakuan sistematika yang dijelaskan di bab III Tata Cara  Penyusunan dan kemudian menggandakannya menurut pembakuan 



 





format yang dijelaskan di bab IV Tata Cara Penulisan. Apabila hasil  penyusunan dan penulisan telah mendapatkan persetujuan dosen  pembimbing, mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menempuh  ujian tugas akhir atau skripsi. 



D.  Ujian Tugas Akhir dan Skripsi 

Apabila seluruh persyaratan telah dipenuhi, mahasiswa 

mengajukan usulan untuk menempuh ujian tugas akhir atau skripsi  kepada ketua jurusan dengan mengisi formulir yang disediakan dan  menyerahkan sejumlah eksemplar naskah yang telah ditandatangani  oleh dosen pembimbing. Ketua jurusan menyusun tim penguji yang  terdiri dari para dosen penguji, menetapkan jadwal ujian, dan tempat  ujian. 

Ujian dilaksanakan dengan didahului oleh penyajian ringkasan 

tugas akhir atau skripsi  dan dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan oleh dosen penguji dalam waktu kurang lebih 1 (satu)  jam. Hasil ujian dinilai oleh tim penguji dalam dua aspek; pertama  derdasarkan bahasa, tata-tulis, sistematika dan kualitas akademik  tugas akhir atau skripsi dan kedua berdasarkan penguasaan materi  dan penampilan mahasiswa selama ujian tugas akhir atau skripsi.  Mahasiswa dapat melakukan ujian ulang apabila dinyatakan tidak  lulus (nilai D) sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali setelah ujian yang  pertama. Dan apabila pada ujian ke tiga mahasiswa masih dinyatakan  tidak lulus, maka mahasiswa yang bersangkutan diwajibkan untuk  mengganti tugas akhir atau skripsi dan mengajukan kembali usulan  penelitian kepada ketua jurusan. 


E.  Penyelesaian Tugas Akhir dan Skripsi 

Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus diwajibkan melaksanakan 

pengetikan akhir naskah tugas akhir atau skripsi dan  menggandakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setelah  mendapatkan pengesahan dari dosen penguji, dosen pembimbing dan  ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta. 



 





BAB II 

USULAN PENELITIAN 




Usulan P
enelitian  (Research Proposal) merupakan rencana  penelitian mahasiswa yang hasilnya disusun dalam bentuk tugas akhir  atau  skripsi mahasiwa sebelum memperoleh gelar kesarjanaan di  STMIK AMIKOM Yogyakarta.  

Usulan penelitian terdiri atas 3 (tiga) bagian, yaitu: halaman 

judul, halaman persetujuan dosen pembibing, dan isi. 



A.  Halaman Judul 

Halaman judul memuat: judul usulan penelitian, jenis usulan, 

lambang STMIK AMIKOM,  nama dan nomor pokok mahasiswa,  institusi yang dituju dan waktu pengajuan 

1.  Judul dibuat sesingkat-singkatnya,  jelas dan menunjukkan  dengan tepat masalah yang hendak diteliti dan tidak  membuka peluang penafsiran ganda. 

2.  Jenis usulan adalah Proposal Penelitian 

3.  Lambang STMIK AMIKOM adalah lambang yang resmi  digunkaan untuk laporan karya ilmiah 

4.  Nama dan nomor  induk  mahasiswa diletakkan ditengah  halaman judul tanpa disertai garis bawah, nama tidak boleh  disingkat dan derajat kesarjanaan tidak boleh disertakan.  Nomor  induk  mahasiswa ditempatkan dibawah nama  mahasiswa. 

5.  Institusi yang dituju adalah Sekolah Tinggi  Manajemen  Informatika Komputer AMIKOM Yogyakarta. 

6.  Waktu pengajuan ditulis lengkap bulan dan tahun pengajuan  

usulan penelitian 



B.  Halaman Persetujuan Usulan Penelitian 

Pada halaman ini memuat judul penelitian dan tandatangan dosen 

pembibing tugas akhir atau skripsi. 



 





C.  Isi 

Isi usulan penelitian terdiri dari : judul usulan penelitian, latar 

belakang masalah, rumusan masalah, batasan  masalah, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, hipotesis, metode penelitian, rencana  kegiatan, sistematika penulisan laporan dan daftar pustaka.  


1.  Judul Usulan Penelitian 

Judul usulan penelitian ditulis lagi dalam isi usulan penelitian, 

sama seperti dalam halaman judul. 


2.  Latar Belakang Masalah 

Latar belakang masalah memuat uraian secara jelas 

timbulnya masalah yang memerlukan pemecahan dengan  didukung oleh logika-logika dan teori-teori yang mendasari  timbulnya gagasan pemecahan/pembahasan masalah. Dengan  mengemukakan latar belakang masalah akan mempermudah  rumusan masalah. 


3.  Rumusan Masalah 

Rumusan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui 

penelitian yang akan diajukan hendaknya dirumuskan dalam  bentuk kalimat Tanya yang tegas dan jelas, untuk menambah  ketajaman masalah. 


4.  Batasan Masalah 

Masalah yang akan dicari pemecahannya harus terbatas 

ruang lingkupnya agar pembahasannya dapat lebih terperinci dan  dapat dimungkinkan pengambilan keputusan definitife. 


5.  Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian memuat uraian yang menyebutkan secara 

spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian  yang dilakukan. Maksud-maksud yang terkandung di  dalam  kegiatan tersebut baik maksud utama maupun tambahan, harus  dikemukakan dengan jelas. 


6.  Manfaat Penelitian 

Setiap hasil penelitian pada prisipnya harus berguna sebagai 

penunjuk praktek pengambilan keputusan dalam artian yang  cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu  pengetahuan, manfaat bagi obyek yang diteliti dan manfaat bagi  peneliti sendiri maupun bagi pengembangan  negara pada  umumnya 



 



7.  Sistematika Penulisan 

Berisi sistematika penulisan tugas akhir atau skripsi  yang 

memuat uraian secara garis besar isi tugas akhir atau skripsi  untuk tiap-tiap bab. 


8.  Daftar Pustaka 

Bahan-bahan yang merupakan referensi/litelatur atas 

penelitian yang dilakukan hendaknya dikemukakan secara jelas,  daftar pustaka tersebut disusun denga aturan penulisan daftar  pustaka seperti lazimnya digunakan dalam penulisan skripsi. 


9.  Rencana Kegiatan 

Hendaknya dikemukakan jenis-jenis kegiatan yang 

direncanakan beserta jadwal waktunya (mulai dari persiapan,  pengumpulan data, pengelolaan data sampai dengan penyusunan  laporan) 



 





BAB III 

TATA CARA PENYUSUNAN 




Laporan hasil penelitian ditulis dalam bentuk tugas akhir atau  skripsi, terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu : bagian awal, bagian utama,  dan bagian akhir 



A.  Bagian Awal 

Bagian awal memuat  halaman sampul depan,  halaman judul, 

halaman persetujuan dosen pembimbing, halaman pengesahan,  halaman motto dan persembahan, halaman kata pengantar, halaman  daftar isi, halaman daftar table, halaman daftar gambar, halaman  daftar lampiran, arti lambang dan singkatan, dan intisari. 


1.  Halaman Sampul Depan 

Halaman sampul depan memuat antara lain judul tugas akhir 

atau skripsi, jenis laporan, lambang STMIK AMIKOM, nama dan  nomor  penulis/penyusun, nama perguruan tinggi dan tahun  dipertahankan. 


a.  Judul Tugas Akhir atau Skripsi 

Judul tugas akhir atau skripsi hendaknya singkat dan jelas 

menunjukkan masalah penelitian, diketik dengan huruf besar  (kapital) dan tidak boleh disingkat, format ketikan harus  dalam bentuk piramida terbalik (huruf v) 


b.  Jenis Laporan 

Jenis laporan adalah “tugas akhir” atau“skripsi”. 


c.  Lambang STMIK AMIKOM 

Lambang STMIK AMIKOM berbentuk bundar dengan 

diameter sekitar 5,5 cm 


d.  Nama Penyusun/Penulis 

Nama penyusun/penulis harus ditulis lengkap dan tidak 

boleh disingkat, dibawah nama dicantumkan nomor  induk  mahasiswa penyusun/penulis 



 



e.  Nama Perguruan Tinggi 

Nama Perguruan Tinggi ditulis 



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER 

“AMIKOM “  YOGYAKARTA 



atau 



JURUSAN TEKNIK INFORMASI 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER 

“AMIKOM “  YOGYAKARTA 




f.  Tahun dipertahankan 

Tahun dipertahankan adalah tahun pada saat skripsi 

dipertahankan di depan dewan penguji dan dinyatakan lulus. 


2.  Halaman Judul 

Halaman judul  berisi tulisan yang sama dengan halaman 

sampul depan, diketik di atas kertas putih, dengan tambahan  beberapa hal, yaitu: 

Di atas lambang ditulis penjelasan penjelasan bahwa maksud 

tugas akhir atau skripsi yaitu sebagai salah satu syarat untuk  memperoleh derajat Sarjana D3/S1 pada jurusan MANAJEMEN  INFORMATIKA/SISTEM INFORMASI 


3.  Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing 

Pada halaman ini memuat judul penelitian dan tandatangan 

dosen pembimbing skripsi. 


4.  Halaman Pengesahan 

Halaman pengesahan memuat, tanggal, bulan dan tahun 

tugas akhir atau skripsi dipertahankan di depan dewan penguji,  tandatangan Ketua STMIK AMIKOM Yogykarta dan tandatangan  dari dewan-dewan penguji tugas akhir atau skripsi 



 





5.  Halaman Motto dan Persembahan (bila ada) 

Motto merupakan semboyan yang brupa kalimat pendek yang 

mengetengahkan pandangan hidup penulis dan persembahan  berisi kepada siapa skripsi dipersembahkan dan merupakan kata  hati terutama hasrat pengabdian yang hendak disampaikan oleh  penulis. 


6.  Halaman Kata Pengantar 

Kata pengantar sebaiknya dibuat ringkas dalam satu atau dua 

halaman. 

Fungsi utama kata pengantar adalah mengantarkan pembaca 

pada masalah yang akan dicari jawabannya dan kekhususan-kekhususan tertentu dari tugas akhir atau skripsi. Dilanjutkan  dengan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah  membantu dalam penyusunan skripsi. Dalam memberikan ucapan  terimakasih harus memuat : nama, jabatan, dan jasa yang telah  diberikan dalam penyusunan tugas akhir atau skripsi. 


7.  Halaman Daftar Isi 

Daftar isi memuat gambaran menyeluruh tentang isi tugas 

akhir atau skripsi secara garis besar dan sebagai petunjuk bagi  pembaca yang ingin melihat secara langsung suatu pokok  bahasan. Bab-bab dapat dibagi menjadi sub bab, sub bab dapat  dibagi sub-sub bab dan seterusnya. 

Dalam daftar isi harus dicantumkan halaman, dengan 

ketentuan halaman pada bagian awal dengan angka romawi kecil  pada bagian pokok dan akhir dengan angka arab. 


8.  Halaman Daftar Table (bila diperlukan) 

Bila skripsi banyak terdapat table, maka perlu dibuat daftar 

table secara berurutan sesuai judul table untuk seluruh tugas  akhir atau skripsi dan disertai halamannya . Tabel-tabel diberi  nomor urut dengan angka arab. Nomor table didahului dengan  nomor bab, diikuti dengan nomor table 



 



10 


9.  Halaman Daftar Gambar (bila diperlukan) 

Daftar gambar berisi grafik, gambar, foto yang terdapat 

dalam tugas akhir atau skripsi dibuat sesuai dengan urutan dan  disertai halaman. Gambar-gambar diberi nomor urut dengan  angka arab. Nomor gambar didahului dengan nomor bab, diikuti  dengan nomor gambar. 


10. Halaman Daftar Lampiran (bila diperlukan) 

Sama halnya dengan daftar tabel dan gambar, daftar 

lampiran dibuat bila tugas akhir atau skripsi dilengkapi dengan  lampiran. Isi halaman ini adalah urutan judul lampiran dan nomor  halamannya. 


11. Arti Lambang dan Singkatan (bila diperlukan) 

Arti lambang dan singkatan berupa daftar lambang dan 

singkatan yang dipergunakan dalam tugas akhir atau skripsi  disertai dengan arti dan satuannya. 


12. Intisari 

Intisari berisi uraian singkat tetapi lengkap yang memberikan 

gambaran menyeluruh tentang isi tugas akhir atau skripsi. Intisari  ditulis dalam bahasa indonesia dan tidak lebih dari 500 kata. 



B.  Bagian Utama 

Bagian utama tugas akhir atau skripsi berisi bab-bab: 

1.  Untuk    program diploma 3, bagian utama terdiri dari: 

pendahuluan, landasan teori, gambaran umum obyek  penelitian, pembahasan, dan penutup 


a.  Pendahuluan 

Dalam bab pendahuluan materinya sebagian besar berupa 

penyempurnaan dari latar belakang masalah, rumusan  masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat  penelitian, metode dan sistematika penulisan laporan  penelitian. 


b.  Landasan Teori 

Bab landasan teori menguraikan teori-teori yang 

mendasari pembahasan secara detail, dapat berupa definisi-definisi atau model matematis yang langsung berkaitan  dengan ilmu atau masalah yang diteliti. 



 



11 


c.  Gambaran Umum Obyek penelitian 

Bab ini menguraikan tentang gambaran obyek penelitian, 

misalnya gambaran umum perusahaan, sejarah dan  perkembangan perusahaan, struktur organisasi perusahaan,  data yang dipergunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi  yang  berkaitan dengan kegiatan  penelitian. 


d.  Pembahasan 

Pada bab ini,  dipaparkan hasil-hasil  dari tahapan 

penelitian, dari  tahap analisis, desain, hasil testing dan  implementasinya, berupa penjelasan teoritik, baik secara  kualitatif, kuantitatif, atau secara statistik. Kecuali itu,  sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil  penelitian terdahulu yang sejenis atau keadaan sebelumnya. 


e.  Penutup 

Berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran dapat 

dikemukakan kembali masalah penelitian, hipotesis dan bukti-bukti yang dihasilkan dari analisis data dan akhirnya menarik  kesimpulan apakah hipotesis  yang diajukan itu diterima atau  sebaliknya  ditolak. Tidak                      diperkenankan          penulis  menyimpulkan masalah jika pembuktian tidak terdapat dalam  hasil penelitian. Dalam pembuatan kesimpulan, hal-hal yang  diperkuat : 

§  Berhubungan pembuktian hipotesis 

§  Didasarkan pada analisis yang obyektif 

§  Diperkuat dengan bukti-bukti yang telah ditemukan  Saran merupakan manifestasi dari penulis untuk dilaksanakan  sesuatu yang belum ditempuh dan layak untuk dilaksanakan.  Saran dicantumkan karena peneliti melihat adanya jalan  keluar untuk mengatasi masalah atau kelemahan yang ada,  saran yang diberikan tidak terlepas dari ruang lingkup  penelitian. 



 



12 
2.  Untuk  program strata 1, bagian utama terdiri dari: 

pendahuluan, landasan teori, analisis permasalahan,  perancangan sistem, testing dan implementasi sistem, dan  penutup 


a.  Pendahuluan 

Dalam bab pendahuluan materinya sebagian besar berupa 

penyempurnaan dari latar belakang masalah, rumusan  masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat  penelitian, metode dan sistematika penulisan laporan  penelitian. 


b.  Landasan Teori 

Bab landasan teori menguraikan teori-teori yang 

mendasari pembahasan secara detail, dapat berupa definisi-definisi atau model matematis yang langsung berkaitan  dengan ilmu atau masalah yang diteliti. 


c.  Analisis dan Perancangan Sistem  

Bab ini menguraikan tentang gambaran obyek penelitian, 

analisis semua permasalahan yang ada, dimana masalah-masalah yang muncul akan diselesaikan melalui penelitian.  Pada bab ini juga dilaporkan secara detail rancangan tehadap  penelitian yang dilakukan, baik perancangan secara umum  dari sistem yang dibangun maupun perancangan yang lebih  spesifik. 


d.  Hasil dan Pembahasan 

Pada bab ini, dipaparkan hasil-hasil  dari tahapan 

penelitian, dari tahap analisis, desain, hasil testing dan  implementasinya, berupa penjelasan teoritik, baik secara  kualitatif, kuantitatif, atau secara statistik.  Kecuali itu,  sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil  penelitian terdahulu yang sejenis atau keadaan sebelumnya. 


e.  Penutup 

Berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran dapat 

dikemukakan kembali masalah penelitian serta hasil dari  penyelesaian masalah. Tidak diperkenankan penulis  menyimpulkan masalah jika pembuktian tidak terdapat dalam  hasil penelitian. Dalam pembuatan kesimpulan, hal-hal yang  diperkuat : 

§  Didasarkan pada analisis yang obyektif 

§  Diperkuat dengan bukti-bukti yang telah ditemukan 



 



13 
Saran merupakan manifestasi dari penulis untuk dilaksanakan  sesuatu yang belum ditempuh dan layak untuk dilaksanakan.  Saran dicantumkan karena peneliti melihat adanya jalan  keluar untuk mengatasi masalah atau kelemahan yang ada,  saran yang diberikan tidak terlepas dari ruang lingkup  penelitian. 




C.  Bagian Akhir  

Bagian akhir dari skripsi berisi daftar pustaka dan daftar lampiran  (jika ada) 


1.  Daftar Pustaka 

Daftar pustaka memuat semua pustaka yang dijadikan acuan  dalam penulisan tugas akhir atau skripsi yaitu semua sumber  yang dikutip. Daftar ini berguna untuk membantu pembaca  yang ingin mencocokkan kutipan-kutipan yang terdapat  dalam skripsi. Penyusun diurutkan secara alfabetis  berdasarkan nama penulis tanpa gelar kesarjanaan. 

Pustaka yang dikutip dapat berupa buku, jurnal, majalah,  surat kabar, atau internet. Semua unsur dalam pustaka harus  dicantumkan dalam daftar pustaka.  Jarak penulisan antar  buku 2 (dua) spasi, dalam buku 1 (satu) spasi  


2.  Daftar Lampiran 

Daftar lampiran berisi table yang panjang, surat keterangan,  instrumen penelitian,  listing program,  peraturan-peraturan  dan sebagainya yang berfungsi melengkapi laporan penelitian,  Lampiran diberi nomor angka arab. 



 



14 
BAB IV 

TATA CARA PENULISAN 




A.  Bahan dan Ukuran 

1.   Sampul Tugas Akhir atau Skripsi 

Sampul luar tugas akhir atau skripsi dengan kertas tebal yang  terdiri dari lapisan luar plastic, kemudian kertas buffalo atau  linen warna ungu (untuk S1 Sistem Informasi) dan biru tua  (untuk D3 Manajemen Informatika) dan tinta emas yang  kemudian dicetak, lapisan dalam dengan kertas karton dan  terakhir kertas putih. 

Adapun sampul luar berisi : judul, jenis laporan, lambang  STMIK AMIKOM Yogyakarta, nama penulis/penyusun dan nim,  institusi yang dituju ( Sekolah Tinggi Manajemen Informatika  Komputer AMIKOM Yogyakarta ), tahun skripsi dipertahankan  di depan dewan penguji dan dinyatakan lulus. 


2.  Naskah Tugas Akhir atau Skripsi 

Naskah diketik dalam kertas HVS 70 gram ukuran kuarto (A4)  atau 21,5 x 29 cm. Pengetikan tidak bolak-balik dan dijilid  dengan cover ungu (S1SI) atau biru tua (D3MI). 


B.  Pengetikan 

1.  Jenis Huruf 

a.  Naskah skripsi diketik dengan huruf standar (Times New 

Roman) dan ukuran (font size) yang sama, untuk seluruh  naskah font size 12, kecuali catatan kaki (font size 10) 

b.  Naskah diketik dengan komputer memakai program olah 

kata, misal Ms. Word. 

2.  Pencetakan 

Pita yang digunakan adalah berwarna hitam dengan  ketentuan  a.  Pencetakan naskah berwarna hitam 

b.  Penggandaan dapat dilakukan dengan fotokopi 


3.  Jarak Baris 

Jarak antara baris satu dengan yang lain dibuat spasi ganda  atau 2 spasi kecuali kutipan langsung yang panjangnya lebih  dari 5 baris,  intisari,  catatan kaki dan daftar pustaka  menggunakan spasi tunggal atau satu spasi. Khusus untuk  kutipan langsung diketik agak menjorok kedalam dengan 7  ketukan. 



 



15 



4.  Batas Pengetikan (margin pengetikan) 

Batas-batas  pengetikan diatur sebagai berikut:  a. Tepi atas              : 4 cm 

b. Tepi bawah               : 3 cm 

c. Tepi kiri                    : 4 cm 

d. Tepi kanan               : 3 cm 


5.  Alinea Baru (indentasi) 

Tiap-tiap baris dari suatu alinea dimulai dengan ketukan huruf  pertama agak menjorok kedalam sebanyak tujuh ketukan  huruf dari margin / batas kiri. 


6.  Pembagian Bab, Sub bab, Sub-sub bab dan seterusnya. 

a.  Bab, nomor bab yang digunakan angka romawi besar 

( I,II,III, dst), bab ditulis dengan huruf besar (kapital)  semua dan diatur simetris kiri-kanan (center) tanpa  diakhiri dengan titik. 

b.  Sub bab, nomor yang digunakan huruf besar (A,B,C 

dst), semua kata dimulai dengan huruf besar, kecuali  kata sambung dan kata depan, tanpa diakhiri dengan  titik. 

c.  Sub-sub bab, nomor yang digunakan angka arab 

(1,2,3 dst). Pada judul sub-sub bab hanya huruf  pertama saja yang huruf besar dan diikuti dengan  titik. 

d.  Anak sub-sub bab, nomor yang digunakan huruf kecil 

(a,b,c dst). Pada judul sub-sub bab hanya huruf  pertama saja yang huruf besar dan diikuti dengan  titik. 

e.  Pasal, nomor yang digunakan angka arab diberi tanda 

kurung tutup. 

Contoh : 1), 2), 3), dst, setelah nomor tanpa titik,  pada judul pasal hanya huruf pertama saja yang huruf  besar dan diikuti dengan titik. 

f.  Ayat, nomor yang digunakan angka kecil diberi tanda 

kurung tutup. 

Contoh : a), b), c), dst, setelah nomor tanpa titik. 

Pada judul ayat hanya huruf pertama saja yang huruf  besar dan diikuti dengan titik. 

g.  Pembagian kategori yang lebih kecil menggunakan 

angka arab dengan tanda kurung tutup, contoh : (1),  (2), (3), dst, tanpa titik dibelakang nomor. 



 



16 
C.   Pemberian Nomor Halaman 


1.   Nomor Halaman Bagian Awal 

Pada bagian awal skripsi nomor halaman yang digunakan  adalah angka romawi kecil (i,ii,iii, dst ) diletakkan ditengah  kertas bagian bawah dengan jarak 1,5 cm dari tepi bawah.  Untuk halaman judul nomor halaman tidak ditulis tetapi harus  diperhitungkan. 


2.   Nomor halaman bagian pokok dan bagian akhir 

Pada bagian utama dan akhir nomor halaman yang digunakan  adalah angka arab (1,2,3, dst), ditulis disebelah pojok kanan  atas dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi  atas. Kecuali untuk halaman yang terdapat judul Bab, maka  nomor halaman ditulis di tengah bagian bawah dengan jarak  1,5 cm dari tepi bawah. 


D.   Tabel dan gambar 

1.  Tabel 

a.  Penulisan nomor dan judul tabel diletakan di atas 

tabel 

b.  Nomor tabel menggunakan angka arab ditempatkan 

di atas table simetris kiri kanan. Nomor table  didahului dengan angka yang menunjukkan table  tersebut berada pada bab berapa dan diikuti nomor  urut tabel pada bab tersebut (dalam setiap bab nomor  table dimulai dari nomor 1) 

c.  Judul tabel diketik dengan huruf kapital dibuat 

simetris kiri kanan, jika judul table lebih dari satu  baris, maka baris kedua dan seterusnya lurus dengan  baris pertama. 

d.  Kolom-kolom dalam table harus dicantumkan nama 

kolom dan dijaga agar pemisahan antara kolom yang  satu dengan kolom yang lain tegas. 

e.  Jika table terlalu lebar atau kolom terlalu banyak 

maka dapat ditulis secara horizontal (landscape) dan  bagian atas table harus diletakkan disebelah kiri atau  memakai kertas dobel kuarto, setelah dijlid kertas  dilipat kedalam sehingga tidak melebihi format. 

f.  Tabel yang panjang hendaknya diketik dalam satu 

halaman tersendiri tidak dijadikan satu dengan  naskah. 



 



17 
g.  Tabel yang menunjukkan hasil analisis diletakkan di 

dalam naskah, tetapi yang menunjukkan perhitungan  diletakkan pada lampiran 


2.   Gambar. 

Yang termasuk gambar adalah bagan, grafik, foto, lukisan,  iklan dan sebagainya. Kelengkapan yang harus ada dalam  gambar adalah :  a.  Penulisan nomor dan judul gambar diletakan di bawah 

gambar 

b.  Nomor gambar menggunakan angka arab ditempatkan di 

bawah gambar simetris kiri kanan. Nomor gambar  didahului dengan angka yang menunjukkan gambar  tersebut berada pada bab berapa diikuti dengan nomor  gambar (dalam setiap bab nomor gambar dimulai dari  nomor 1) 

c.  Judul gambar ditulis dengan huruf kapital tanpa diakhiri 

titik, aturan penulisan judul sama dengan penulisan tabel 

d.  Ukuran gambar (lebar dan tinggi), diusahakan 

proporsional.  


E.   Kutipan 

1.  Macam-macam Kutipan 

a.  Kutipan langsung, yaitu kutipan yang dilakukan persis 

seperti sumber aslinya, baik bahasanya maupun susunan  kata dan ejaannya. 

1)  Kutipan langsung pendek yaitu kurang dari tiga  baris, disalin dalam teks dengan memberikan  tanda kutipan di antara bahan yang dikutip. 

Contoh : (“……………..”) 

2)  Kutipan langsung panjang yaitu lebih dari tiga 

baris, yang diberi tempat tersendiri dalam alinea  baru diketik dengan jarak satu spasi dan  menjorok masuk empat ketukan huruf dari margin  kiri, tanda kutip tidak dipakai. 


b.  Kutipan  tidak langsung, yaitu kutipan yang hanya 

mengambil pokok-pokok pikiran atau semangatnya saja,  dan dinyatakan dengan kata-kata dan bahasa sendiri.  Kutipan ini tidak diantara tanda petik, diketik seperti  halnya naskah, diupayakan kutipan tidak langsung tidak  terlalu panjang. 



 



18 


2.   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kutipan 

a.  Setiap kutipan diberi nomor dengan angka arab untuk 

menuliskan nomor catatan kaki/footnote, diketik agak ke  atas dari baris biasanya, tanpa diikuti tanda lain. 

b.  Bila bahan yang dikutip disajikan sebagai bahan yang 

diperbandingkan dengan bahan yang lain, maka harus  ada keseimbangan dari perbandingan itu.  

c.   Kutipan yang diambil sebagian dari rangkaian kalimat 

yang ada, maka penulisan diberi jarak dengan empat titik  (….) diantara kutipan yang diambil. 

d.  Dalam kutipan langsung, tidak boleh memasukkan 

pendapat sendiri, satu alinea sepenuhnya digunakan  untuk kutipan langsung 

e.  Kutipan bisa diambil dari naskah-naskah atau cetakan 

seperti buku, hasil penelitian, majalah, surat kabar, dan  sebagainya. Dapat juga diambil dari hasil wawancara atau  hasil rekaman yang didokumentasi. 



F.   Footnote / catatan kaki 

Footnote merupakan catatan yang menyebutkan sumber dari  suatu kutipan catatan kaki juga dapat berisi suatu komentar  tentang apa yang dikemukakan dalam teks. Footenote ditulis di  bawah margin dan diberi garis batas antara teks dengan footnote  sepanjang 14 ketukan dengan angka kutipan diketik agak ke atas  dari footnote. 

1.  Unsur-unsur footnote / catatan kaki 

a.  Nama penulis/pengarang, penterjemah, dan editor ditulis 

lengkap tanpa gelar kesarjanaan. Untuk penulis yang  bukan penulis asli tetap dicantumkan seperti penulis asli,  dengan tambahan keterangan di belakang nama tersebut,  seperti penyusun, penyadur, penterjemah, dan editor. 

Jika penulis lebih dari tiga sebagai pengganti nama  penulis kedua dan lainnya dicantumkan keterangan et.al. 

b.  Judul buku/tulisan ditulis selengkap-lengkapnya, huruf 

pertama judul dengan besar kecuali kata sambung dan  kata depan. 

c.  Nomor halaman, dalam footnote nomor halaman disingkat 

“hal” kemudian diikuti dengan nomor halaman yang  dikutip dengan sela satu ketukan. 


2.  Menyingkat footnote 

Sumber kutipan yang pertama kali ditulis lengkap, sedangkan  footnote dari sumber kutipan yang sudah pernah dikutip 



 



19 
sebelumnya tidak perlu ditulis lengkap dan dapat disingkat. 

Singkatan yang sering digunakan adalah :  a.  Ibid. Singkatan dari Ibiden, digunakan bila kutipan 

sumber yang pertama dengan kutipan berikutnya yang  sumbernya sama, tanpa disela oleh sumber kutipan lain,  selanjutnya disebutkan halamannya bila halamannya yang  dikutip tidak sama, jika nomor halaman sama maka tidak  ditulis. 

b.  Op.cit. singkatan dari opera citato, digunakan apabila 

sumber kutipan telah disebut sebelumnya secara lengkap  tetapi telah diselingi sumber kutipan yang lain.  Di  belakang kata op.cit. disebutkan nomor halaman yang  dikutip. 

c.  Loc.cit. singkatan dari loco citato, digunakan bila pada 

halaman yang sama telah ada kutipan dari sumber yang  telah dikutip sebelumnya, tetapi diselingi dengan sumber  kutipan lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar